Ukraina: IAEA menemukan “situasi dramatis” di pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia

Menurut Badan Energi Atom Internasional (IAEA), situasi di pembangkit listrik tenaga nuklir Ukraina di Zaporizhia menjadi semakin kritis. Setelah pemadaman listrik di kota karena pemboman pembangkit listrik tenaga panas Enerhodar di dekat pembangkit listrik tenaga nuklir, operator pembangkit listrik tenaga nuklir berencana untuk mematikan reaktor terakhir yang masih beroperasi, dijelaskan direktur umum IAEA, Rafael Mariano Grossi. Mengingat pertempuran yang sedang berlangsung, tidak ada lagi kepastian bahwa catu daya eksternal dapat dipulihkan. Grossi mengutip karyawannya sendiri, yang tetap berada di Zaporizhia setelah pemeriksaan minggu lalu.


Jika reaktor terakhir ditutup, seluruh pembangkit listrik tenaga nuklir enam reaktor akan bergantung sepenuhnya pada generator diesel cadangan untuk menyediakan fungsi keselamatan nuklir penting seperti pendinginan, kata Grossi. Tanpa catu daya eksternal, operator tidak dapat lagi menghidupkan ulang reaktor.

Direktur jenderal IAEA mengatakan bahwa karena pertempuran, tidak mungkin pasokan listrik eksternal dapat dipulihkan. Mengingat situasi sulit di Enerhodar, mungkin saja personel penting dari pembangkit listrik tenaga nuklir tidak hadir. Banyak karyawan pembangkit nuklir tinggal di kota, yang sekarang tidak memiliki air mengalir.

Grossi menuntut agar semua operasi tempur di daerah sekitar Zaporizhia segera dihentikan. Ini adalah satu-satunya cara untuk memastikan keselamatan personel operasi dan memungkinkan pemulihan definitif pasokan listrik ke Enerhodar dan pembangkit listrik tenaga nuklir. “Ini satu-satunya cara untuk memastikan kita tidak akan menghadapi kecelakaan nuklir.”

Sambungan listrik terakhir pembangkit nuklir ke jaringan nasional rusak seminggu yang lalu oleh kebakaran yang disebabkan oleh pemboman, operator Energoatom melaporkan. Pembangkit listrik tenaga nuklir telah dihapus dari jaringan, reaktor masih beroperasi untuk memastikan pasokan daya internal.

READ  Amerika Serikat: Kedubes Saudi kini berada di "Khashoggi Way" - Berita Luar Negeri

IAEA telah melakukan inspeksi mereka dalam beberapa hari terakhir menyerahkan laporan tentang pembangkit listrik tenaga nuklir Zaporizhia, diduduki oleh tentara Rusia sejak awal Maret. Ini menunjukkan bahwa tidak ada bahan nuklir yang dicuri.


(aplikasi)

Ke beranda

Written By
More from Lukman Haq
NATO “mulai alarm” di Lituania: Pesawat Rusia mengganggu kunjungan pasukan
Kamis 8 Juli 2021 “Alarm mulai” oleh NATO di Lituania Jet Rusia...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.