Spanyol: Wakil Perdana Menteri Pablo Iglesias mengundurkan diri dari jabatannya

Pemimpin populis kiri Unidas Podemos, Pablo Iglesias, meninggalkan pemerintahan Spanyol. Latar belakang pengunduran diri yang mengejutkan ini adalah pemilihan kepala daerah yang akan datang di Madrid.

Pemilu baru dijadwalkan pada 4 Mei di wilayah tersebut. Kemudian Iglesias ingin bersaing dengan kepala pemerintahan daerah konservatif Isabel Díaz Ayuso di sana, kata politisi berusia 42 tahun itu dalam pesan video. Dia akan mundur dari jabatan pemerintah pada awal kampanye pemilihan pada 30 April. Menteri Tenaga Kerja Yolanda Diaz bisa menjadi penggantinya.

Iglesias telah mengumumkan bahwa dia akan mencalonkan diri dalam pemilihan daerah untuk berkampanye untuk pemerintahan sayap kiri. “Demokrasi terancam oleh hak baru Trump,” katanya dalam pesan videonya yang diposting di Twitter. “Hari ini, kita harus menentang hak kriminal ini,” tambahnya, merujuk secara khusus pada partai populis sayap kanan Vox.

“Spanyol berhutang sesuatu padaku, aku mengeluarkan Iglesias dari pemerintahan”

Iglesias sangat tidak populer di kalangan konservatif. Ayuso, kepala pemerintahan daerah, yang terkenal dengan pernyataan kontroversialnya, yang diawali dengan slogan “Kebebasan atau Sosialisme”, bereaksi terhadap pencalonan Iglesias: “Spanyol berhutang sesuatu kepada saya, saya mengeluarkan Iglesias dari pemerintahan”.

Menanggapi tuduhan bahwa dia secara politik terlalu sayap kanan di televisi Telecinco, dia baru-baru ini menjawab: “Jika mereka menyebut Anda fasis, maka Anda tahu Anda melakukannya dengan benar, bahwa Anda baik.” Dari sejarah. “

Ayuso dari Partai Konservatif Nasional (PP) pemilihan baru dijadwalkan minggu lalusetelah mitra koalisi juniornya, Ciudadanos yang liberal-konservatif, mengakhiri koalisi dengan PP di wilayah Murcia dan, bersama dengan oposisi sosialis di sana, mengajukan mosi tidak percaya menggantikan kepala pemerintah daerah dari PP. . Ayuso, yang, menurut laporan media, telah lama menggoda dengan pemilihan awal, mengatakan dia harus mengantisipasi mosi tidak percaya dirinya oleh Ciudadanos dan Sosialis dengan menjadwalkan pemilihan baru.

READ  Meteor atau serangan yang dicurigai: berkas cahaya di atas Seattle menyebabkan pusaran

Menurut jajak pendapat sebelumnya, Ayuso dapat mengharapkan suara menang dalam pemilihan Mei, tetapi berisiko kehilangan mayoritas absolut. Berusia 42 tahun, banyak di antaranya Spanyol dipandang sebagai pembawa harapan Partai Rakyat (PP) yang sedang krisis, sehingga kedepannya akan semakin bergantung pada Vox.

Ikon: Cermin

Written By
More from Lukman Haq

Polisi secara brutal menangkap wanita gila – lengannya patah

Seorang wanita dengan demensia lupa membayar di supermarket. Polisi menangkap wanita tua...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *