Paus menyangkal rumor kanker dan berencana untuk mengundurkan diri

Sebuah pertemuan yang direncanakan dari semua kardinal telah memicu spekulasi bahwa pemimpin gereja akan mundur. Paus Fransiskus menolak mereka.

Paus Fransiskus telah membantah desas-desus tentang kanker dan pengunduran diri yang akan datang pada bulan Agustus. “Itu tidak pernah terpikir oleh saya,” kata kepala Gereja Katolik itu dalam sebuah wawancara dengan kantor berita Reuters yang diterbitkan pada hari Senin.

Spekulasi itu muncul karena Fransiskus telah memanggil para kardinal dari seluruh dunia ke Roma pada akhir Agustus. Mereka memilih paus dalam konklaf. Saat ini, Paus juga berencana mengunjungi L’Aquila, Italia, tempat Paus Celestine V dimakamkan. Dia adalah paus pertama dalam sejarah yang mengundurkan diri dari jabatannya selama hidupnya.

Namun, bukan rahasia lagi bahwa Paus Fransiskus mungkin akan mundur suatu hari nanti. Syaratnya adalah dia tidak dapat lagi menjalankan fungsinya karena kondisi kesehatannya. “Kami tidak tahu,” jawabnya ketika ditanya kapan dia pikir itu akan terjadi. “Tuhan akan memberitahu.”

“Saya menjadi lebih baik sedikit demi sedikit”

Francis juga mengklarifikasi bahwa kanker itu ditemukan sekitar setahun yang lalu selama operasi ususnya. Operasi itu sukses, kata pria Argentina itu. Dia tidak pernah diberitahu apapun tentang kanker. Dia menepis rumor itu sebagai gosip sekolah.

Written By
More from Lukman Haq
Kunjungan Raja Tua ke Madrid: ratusan orang Spanyol memprotes Juan Carlos
Raja Tua mengunjungi Madrid Ratusan orang Spanyol berdemonstrasi melawan Juan Carlos 22...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.