Mega tsunami berpotensi menghancurkan kawasan ini

Jakarta – –

Malapetaka Tsunami Ini berpotensi menghantam sebagian Alaska Amerika. Karena mencairnya es di gletser, longsor bisa terjadi di perbukitan berbatu.

Penelitian terbaru menunjukkan bahwa daerah pegunungan secara bertahap runtuh saat tanah yang meleleh mencair. Tsunami ekstrim dapat terjadi ketika tebing gunung jatuh ke laut.

Menurut citra satelit, terdapat wilayah pegunungan yang tidak stabil di bagian selatan Alaska. Lereng tersebut sebagian didukung oleh Bar Glacier, tetapi lapisan es mulai menjadi stabil dan mencair sangat banyak.

Sedikit lereng salju di gletser bisa menciptakan kondisi yang sempurna untuk keruntuhan mendadak dan tsunami. Meskipun waktu pastinya telah diprediksi, tim yang terdiri dari 14 ilmuwan memperkirakan bahwa ini bisa memakan waktu hingga 20 tahun.

Sebuah tim ilmuwan telah mengeluarkan peringatan ini ke Departemen Sumber Daya Alam Alaska (ADNR). Dalam kasus ini, gelombang setinggi 100 meter dapat menghantam kapal dan mengancam kapal. Tsunami Sampai 10 meter.

Salju yang mencair di sana telah terjadi selama seabad terakhir, tetapi semakin cepat selama dekade terakhir. Ini bisa disebabkan oleh pemanasan global.

“Saat iklim berubah, lanskap ini membutuhkan waktu untuk beradaptasi. Gletser bisa mencair lebih lambat jika mencair terlalu cepat, kata ahli geologi Erin Besset Kirton. detikINET Dari penjaga.

Dia telah mempelajari citra satelit selama lebih dari 30 tahun, dan pencairan es yang cepat dikaitkan dengan suhu. Pikirkan terlebih dahulu tentang apa yang mungkin terjadi TsunamiPara ilmuwan merekomendasikan untuk memasang sensor setidaknya di area yang paling rentan untuk mengontrol beratnya.

Menonton video “Penduduk Alaska mengkhawatirkan tsunami dan mencari ketinggian “”
[Gambas:Video 20detik]
(fyk / rns)

READ  Petugas polisi ditemukan hidup setelah lebih dari 16 tahun
Written By
More from Hulwi Zafar
Tungku memang kurang diminati orang Indonesia, kenapa? Semua halaman
Jakarta, Kompas.com – Kompor Apakah satu Perangkat elektronik Ini digunakan untuk memasak...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.