Mantan Presiden Korea Selatan Roh Tae-woo telah meninggal dunia

Mantan Presiden Korea Selatan Roh Tae-woo meninggal dunia. Veteran perang yang sangat dihormati itu mengakhiri karir politiknya dengan hukuman penjara.

Mantan Presiden Korea Selatan Roh Tae Woo meninggal dalam usia 88 tahun. Rumah Sakit Soul National University mengkonfirmasi kematiannya pada hari Selasa, tanpa mengungkapkan penyebab pasti kematiannya. Roh, yang memerintah negara Asia Timur dari tahun 1988 hingga 1993, menderita masalah kesehatan yang meningkat sekitar pergantian milenium setelah mengidap kanker prostat.

Di negara asalnya, Roh terkenal karena memenangkan pemilihan umum pertama yang bebas di Korea Selatan pada tahun 1987. Namun karir politiknya berakhir dengan skandal korupsi yang besar. Roh telah mengumpulkan suap setara dengan lebih dari 500 juta euro. Sejak itu, Roh Tae Woo gagal mengembalikan citranya di mata publik Korea Selatan.

Maafkan aku dengan air mata

Pada tahun 1995, politisi yang terbunuh meminta maaf sambil menangis atas kesalahannya di depan kamera televisi: “Saya sangat malu”. Pada 1996, Roh divonis 17 tahun penjara, antara lain karena korupsi. Namun, tahun berikutnya, politisi itu diampuni.

Roh lahir pada tahun 1932 dari keluarga petani miskin di tenggara kota Daegu. Dia menerima pelatihannya di Akademi Militer Seoul. Dia menjabat sebagai komandan unit tempur selama Perang Korea (1950-1953) dan kemudian selama Perang Vietnam.

Pada tahun 1979, ketika Presiden Park Chung Hee dibunuh, Roh memainkan peran kunci dalam kudeta militer berikutnya, yang akhirnya membuatnya mendapatkan posisi tinggi pemerintah di bawah diktator Chun Doo Hwan. Ketika Roh sendiri akan dilantik sebagai pengganti Chun pada tahun 1987, ada banyak protes populer yang menyerukan pemilihan demokratis. Rezim militer akhirnya menyerah pada tekanan publik.

READ  Mayat lain ditemukan di Florida, termasuk seorang gadis berusia tujuh tahun
Written By
More from Lukman Haq
Kapal Rusia dengan barang curian? : Ukraina meminta bantuan administratif dari Turki
Kapal Rusia dengan barang curian? Ukraina meminta bantuan administratif dari Turki 07/01/2022,...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *