Edukasi Kalangan Muda Cinta Budaya, Bupati Samosir Buka Pameran Tenun dan Ulos

Bupati Rapidin Simbolon membuka pameran tenun dan ulos pada acara Gebyar Budaya. (Ist)

SAMOSIRNews - Pangururan

Untuk mengedukasi kalangan muda dalam menumbuhkembangkan dan kecintaan terhadap budaya tenun dan ulos sebagai warisan para leluhur, Pemkab Samosir menggelar Gebyar Budaya.

Bupati Samosir  Rapidin Simbolon menyampaikan, bahwa gebyar budaya yang diinisiasi BPNB Wilayah Sumut-Aceh bekerjasama dengan Pemkab Samosir itu, diharapkan memotivasi kalangan muda semakin cinta budaya.

Hal itu ditegaskannya, ketika membuka pameran ulos dan tenun, Selasa (23/4/2019) di Aula Paroki Santo Mikael Pangururan.

"Generasi muda harus mencintai budaya tenun dan ulos sebagai mahakarya para leluhur yang telah diwariskan bagi bangsa dan negara," sebutnya.

Pada pameran tenun dan ulos akan dilaksanakan 23-26 April 2019, Bupati Rapidin juga memberikan akta notaris kepada 9 Komunitas Sanggar Seni Budaya Kabupaten Samosir yakni, Sanggar Gentium Sinondang Art (GSA), Sanggar Sipir ni Tondi, Sanggar Dua Sada, Sanggar Partukkoan, Sanggar Sitolu Ragi, Sanggar Na-Vistar Creative, Sanggar Attialu, Sanggar Vinaar Shinta dan Komunitas Batak Nauli.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Samosir, Gomgom Naibaho kepada wartawan mengatakan, selain sebagai daya tarik wisatawan, gebyar budaya diharapkan meningkatkan minat masyarakat untuk turut aktif melestarikan, mengelola, mengembangkan dan memanfaatkan tenun dan ulos.

"Jangan sampai budaya asing meruntuhkan budaya dan tradisi lokal. "Marilah kita jaga dan lestarikan budaya leluhur bangsa ini," sebut Gomgom.

Lebih lanjut dikatakannya, di lingkungan sekolah juga perlu menanamkan kecintaan tentang budaya dan tradisi yang baik kepada siswa sebagai generasi penerus.

"Sehingga tidak mudah terpengaruh budaya luar yang tidak sesuai dengan kearifan lokal, menjaga moralitas generasi muda," imbuhnya.

Hadir pada pameran dalam rangka Gebyar Budaya, Sekdakab Jabiat Sagala, Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya Wilayah Aceh dan Sumut, Pastor Paroki Santo Mikael Pangururan, Wakil Ketua TP-PKK dan undangan lainnya.

Reporter; Valensius
Editor; Dian P

loading...

Tidak ada komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.

Diberdayakan oleh Blogger.