Renate Holm († 90) – “Nona kantor” sudah mati – People

Suara keajaiban ekonomi telah terdiam selamanya.

Aktris kelahiran Berlin dan penyanyi opera Renate Holm († 90) meninggal pada hari Kamis di klinik swasta “Rudolfinerhaus” di Wina akibat komplikasi kanker paru-paru. Hal ini ditegaskan antara lain oleh sekretaris lamanya Regina Heithecker (78).

Dia ke BILD: “Saya sudah duduk di samping tempat tidurnya selama beberapa hari dan memegang tangannya. Berada di sana untuknya di saat-saat terakhir adalah kebutuhan yang dekat dengan hati saya dan saya pikir dia merasakannya. J Saya sudah penggemar beratnya pada usia dua belas tahun.

Artis itu didiagnosis menderita kanker paru-paru pada tahun 2018, dari mana ia awalnya dapat pulih sepenuhnya. “Setelah diagnosis, saya jatuh ke dalam jurang maut, tetapi syukurlah saya dapat mengatasi penyakit ini dengan imunoterapi yang baru dikembangkan,” katanya dalam wawancara sebelumnya dengan BILD.

Tetapi kanker itu kembali tak lama setelah ulang tahunnya yang ke-90. Dia didiagnosis ulang sekitar delapan bulan lalu. Kali ini, bagaimanapun, penghibur yang luar biasa kalah dalam pertarungan.

Karir yang luar biasa

Pada 1950-an, Berliner telah menjadi operet dan bintang film. Filmnya “Fräulein vom Amt” dari tahun 1954 sangat legendaris.


Dalam komedi “Fräulein vom Amt”, Renate Holm berperan sebagai operator telepon muda Susi, yang bernyanyi ke penerima di bak mandiFoto: INTERFOTO

Pada usia dua belas tahun, Renate Holm sudah tahu bahwa dia ingin menjadi penyanyi opera. Kemauan, ketekunan dan di atas semua disiplin adalah dasar dari karir artistiknya. Awalnya, dia bekerja sebagai asisten gigi sehingga dia bisa membiayai pelajaran menyanyi. Satu hari kerja bisa berlangsung sebelas jam.

Tapi kerja kerasnya terbayar! Pada usia 19, Renate Holm memenangkan kompetisi menyanyi RIAS yang mistis. Setelah itu, dia membuat rekaman di bawah arahan konduktor terkenal.


Renate Holm menunjukkan foto-foto dari karir besarnya di apartemennya di Wina pada tahun 2019

Pada tahun 2019, Renate Holm menunjukkan foto-foto karier besarnya di apartemennya di WinaFoto: Schneider Press

Tur yang sukses melalui Jerman dan luar negeri diikuti – dan karier sebagai aktris film: Holm berakting dan bernyanyi dalam dua belas film musikal.

Rekaman “Schön ist die Welt” dengan Rudolf Schock adalah batu loncatannya untuk Volksoper di Wina. Vienna State Opera kemudian menjadi rumah artistiknya selama 30 tahun.

Rekan menyanyinya yang paling sering adalah Rudolf Schock (†71), Fritz Wunderlich (†36), Hermann Prey (69) dan Luciano Pavarotti (72). Dia juga menjadi tamu terkenal di acara TV seperti “Dalli Dalli”, “Der goldene Schu” atau “Musik ist Trumpf”.


Dalam

Dalam “Fräulein vom Amt”, Holm memelihara seekor anjing. Dia juga seorang aktivis hak-hak binatang dalam kehidupan pribadinyaFoto: INTERFOTO

Panutannya yang luar biasa adalah bintang opera dunia Maria Callas († 53), yang dia sambut secara pribadi di rumahnya. “Kami mirip dalam banyak hal, keduanya harus berjuang keras dengan demam panggung,” katanya dalam wawancara BILD pada ulang tahunnya yang ke-90.

Beginilah cara teman-teman meratapi bintang operet itu

Kematian Holm sangat membuat sedih banyak penggemar, siswa, dan teman terdekatnya. Siswa master lama Anda, teman baik dan bintang operet Heiko Reissig (56) di BILD:

“Kematian Renate Holm adalah kejutan besar bagi saya dan saya benar-benar sedih. Legenda terakhir operet telah meninggal. Saya akan mengingatnya sebagai Nyonya yang sangat teguh, menawan, pekerja keras, dan ketat.


Renate Holm dan murid suaranya, penyanyi tenor Heiko Reissig.  Ini adalah konser terakhir Holm di kampung halamannya di Berlin

Renate Holm dan murid suaranya, penyanyi tenor Heiko Reissig (r.) 2021 di Berlin Philharmonic 2012. Itu adalah konser terakhirnya di kota kelahirannyaFoto: Lokakarya Budaya Eropa Berlin-Wina

Kedua penyanyi memiliki hubungan intim, sudah saling kenal selama lebih dari 25 tahun dan memiliki konser, pertunjukan, dan rekaman televisi bersama.

“Meskipun dia sakit, dia berani dan tidak menunjukkan apa-apa. Musik dan murid-muridnya selalu membuatnya senang. Dia masih memberikan pelajaran menyanyi sampai seminggu sebelum kematiannya. Suatu prestasi yang saya kagumi dari mereka!

Presiden Kehormatan Lokakarya Budaya Eropa (EKW), Sibylle Princess of Prussia (70), terkejut. “Dengan Renate Holm, kami kehilangan artis hebat.”

READ  Apakah dia lajang atau diambil? Andrej Mangold mengambil stok
Written By
More from Mujahid Jaffer
Kehamilan ketiga: Malin Andersson bercanda tentang payudara
Malin Anderson juga mengambil perubahan fisik yang kurang menyenangkan selama kehamilan dengan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.