Perusahaan minyak Rusia: Bos Lukoil mengundurkan diri

Status: 21/04/2022 15:00

Vagit Alekperov, bos perusahaan minyak kedua Rusia Lukoil, telah mengundurkan diri. Alasan keputusan pria berusia 71 tahun itu awalnya tidak diketahui.

Bos perusahaan minyak kedua Rusia Lukoil, Vagit Alekperov, telah mengundurkan diri dari jabatannya. Band ini merilis pesan singkat hari ini dengan informasi personel. Setelah itu, Alekperov juga meninggalkan dewan pengawas perusahaan yang didirikannya. Band ini tidak memberikan alasan pengunduran diri dan kemungkinan pengganti pria berusia 71 tahun itu awalnya tidak disebutkan namanya.

Perusahaan minyak Alekperov, yang ia dirikan pada 1993, bukan milik negara, tidak seperti perusahaan energi besar Rusia lainnya seperti Rosneft dan Gazprom. Pada awal Maret, perusahaan menyerukan penghentian segera operasi militer di Ukraina. “Kami berkomitmen untuk segera mengakhiri konflik bersenjata dan mendukung penuh penyelesaiannya melalui proses negosiasi dan cara-cara diplomatik,” katanya dalam sebuah pernyataan 3 Maret.

Sanksi bisa menjadi alasan untuk penarikan

Menurut majalah bisnis Forbes, Alekperov adalah orang terkaya kesepuluh di Rusia dengan aset sekitar $10,5 miliar. Sekitar seminggu yang lalu Inggris memasukkan kontraktor tersebut ke dalam daftar sanksi. Ada spekulasi bahwa ini bisa menjadi alasan penarikannya: beberapa pengusaha Rusia lainnya, termasuk miliarder Vladimir Yevtushenkov, telah meninggalkan posisi senior atau melepaskan kendali atas perusahaan mereka setelah sanksi.

Empat tahun lalu, oligarki secara terbuka bertanya-tanya siapa yang bisa menggantikannya jika dia meninggalkan grup. Pada saat itu, dia hanya berkata, “Itu bukan kerabat saya.”

Hingga saat ini, Aekperow memiliki 3,12% dari grup yang terdaftar di Bursa Efek London dengan hak suara dan tambahan 5,43% saham tanpa hak suara. Artinya, miliarder itu bukan pemegang saham mayoritas di perusahaan minyak itu.

READ  Donald Trump: penggemar menuntut boikot terhadap tweet Walmart grup

Written By
More from Lukman Haq
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.