Produksi Vaksin Dipercepat, Ahli Virologi: Jangan Keluar …

Memuat …

Jakarta – Saat ini semua penghuni dunia sedang menunggu Vaksin covid-19. Karena wabah ini hampir menghentikan semua kegiatan, produksi dipercepat.

Banyak pabrikan telah melakukan uji klinis tiga tahap. Namun, ada yang meragukan vaksin itu efektif karena tidak biasa. (Selengkapnya: Vaksin Covi-19, Ketua ITAGI: Semuanya berdasarkan standar dan jaminan keamanan)

Ahli Virologi Nugurah Mahardika menjelaskan, pembuatan vaksin sebelumnya memakan waktu lama karena harus mendapat agen bersih terlebih dahulu. Kini, dengan kemajuan teknologi, semua proses tersebut bisa dipercepat.

Tidak ada lagi agen penyakit. Ini bisa sangat cepat, bisa juga buatan. Dulu butuh waktu lama untuk mencari bibitnya sendiri, dalam diskusi online “Proses Penemuan Vaksinasi” (Senin (2/11/2020)).

Dia menjelaskan, untuk mendapatkan benih yang divaksinasi hanya butuh satu atau dua bulan. Setidaknya ada empat jenis vaksin, tergantung bahan dasarnya. Pertama, ini didasarkan pada virus tertutup dan murni yang tidak membahayakan manusia.

Kedua, berdasarkan asam deoksiribonukleat (DNA) atau asam ribonukleat (RNA). Ketiga, vaksin berbasis adenovirus. Terakhir, vaksin berbasis protein.

Ada beberapa keuntungan dan kerugian dari vaksin ini. Misalnya, sekarang ini adalah jenis vaksin yang paling umum diujicobakan di Indonesia. Aturan penggunaannya jauh lebih pendek.

Nugurah mengatakan belum ada vaksin yang berbasis DNA dan adenovirus di masyarakat. Jadi perlu lebih banyak regulasi sehingga butuh waktu lebih lama. (Baca lebih lanjut: Pengobatan menyediakan 76 juta dosis vaksin CVD-19 ke Kanada)

Meskipun produksi vaksin baru semakin cepat, faktor keamanan tidak boleh dihilangkan. Pada dasarnya pengembang vaksin tidak berkompromi pada kualitas, kegunaan dan keamanan.

(Darah)

Written By
More from Saddam Javed

5 Cara Menurunkan Berat Badan untuk Diabetes

Jakarta, CNN Indonesia – Cara berorganisasi Penderita diabetes Anda ingin menurunkan berat...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *