Letusan baru di Indonesia: Korban tewas akibat letusan gunung berapi meningkat.

Letusan baru di Indonesia: Korban tewas akibat letusan gunung berapi meningkat.

Ledakan baru di Indonesia
Korban tewas akibat letusan gunung berapi meningkat.

Di pulau Jawa, Indonesia, ribuan orang telah melarikan diri dari awan abu dan lahar setelah letusan Sumeria. Tiga hari setelah wabah pertama, jumlah kematian meningkat menjadi 34, beberapa masih hilang. Evakuasi tertunda karena ledakan lain.

Tiga hari setelah gunung berapi meletus di pulau Jawa, Indonesia, jumlah korban tewas terus meningkat. Badan Perlindungan Sipil Nasional telah mengumumkan bahwa setidaknya 34 orang tewas dan 16 orang masih hilang dalam ledakan Samura. Banyak korban terbakar tanpa bisa dikenali. Sejauh ini baru 12 orang tewas yang dapat diidentifikasi.

Sedikitnya 68 orang dilaporkan terluka dan terbakar. Banyak rumah hampir seluruhnya terkubur di bawah abu selama ledakan. Sekitar 2.000 orang ditampung di masjid-masjid dan gedung-gedung pemerintah, antara lain.

Sebuah gunung berapi di timur terpadat di Indonesia meletus pada hari Sabtu, mengubah siang menjadi malam dan mengirimkan awan asap tebal ke desa-desa sekitarnya. Lahar merah mengguyur 3.676 meter di gunung tertinggi di Jawa itu dan ribuan warga mengungsi.

Ledakan baru yang tertunda

Wabah baru membuat pencarian korban menjadi sulit pada hari Senin. Layanan darurat harus mundur karena gunung berapi itu memuntahkan abu lagi. “Terjadi ledakan kecil baru yang bisa membahayakan tim evakuasi,” kata penyelamat Rizal Purnama. Beberapa jam kemudian, mereka melanjutkan pencarian. “Ini terutama pencarian orang hilang,” kata juru bicara Otoritas Perlindungan Sipil Abdul Muhari.

Sumeru adalah gunung tertinggi di Jawa dan terletak di Taman Nasional Bromo-Tenger-Sumeru. Sudah lebih aktif lagi sejak Desember 2020. Negara kepulauan Indonesia memiliki sekitar 130 gunung berapi aktif karena terletak pada apa yang disebut Cincin Api Pasifik. Di sana, beberapa lempeng tektonik bertabrakan, sehingga gempa bumi dan letusan gunung berapi sangat sering terjadi. Gunung Merapi di Jawa, Gunung Sinabung di Sumatera, dan Leotolo di Lembata meletus tahun ini. Presiden Indonesia Joko Widodo ingin pergi ke wilayah itu Selasa ini untuk mendapatkan pemahaman tentang situasinya.

READ  Indonesia: Pemerintah menyelamatkan awak kapal
Written By
More from Saddam Javed
3 vaksin Pfizer yang tidak dapat dimakan kelompok
Tidak semua orang aman dengan vaksin Pfizer Covid-19. REPUBLKAKA.CO.ID, LONDON – Inggris...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *