Kemajuan Taliban di Afghanistan: Tajikistan memobilisasi 20.000 tentara cadangan untuk perlindungan perbatasan

Tajikistan memiliki perbatasan lebih dari 900 kilometer dengan provinsi Afghanistan Badachschan. 1.037 tentara melarikan diri Senin malam Afganistan melintasi perbatasan ini ke negara tetangga – setelah pertempuran sengit dengan kelompok Islam radikal Taliban dan “untuk menyelamatkan nyawa mereka,” seperti yang dikatakan oleh Komite Keamanan Nasional Tajik. “Dengan memperhatikan prinsip bertetangga yang baik”, para prajurit diberi wewenang untuk melintasi perbatasan.

Sekarang, Presiden Tajikistan Emomali Rachmon telah memerintahkan pengerahan 20.000 tentara cadangan: mereka harus memastikan peningkatan perlindungan perbatasan antara Tajikistan dan Afghanistan, kata kepresidenan Senin malam.

Rachmon juga membahas situasi dengan sekutu di kawasan itu, termasuk presiden Rusia. Wladimir Putin. Menurut Kremlin, dia meyakinkan Rachmon tentang dukungannya dalam mengamankan perbatasan, jika perlu. Pangkalan militer asing terbesar Rusia ada di Tajikistan. Tank dan helikopter ditempatkan di sana.

Tajikistan juga sedang mempertimbangkan untuk mendirikan kamp bagi calon pengungsi dari Afghanistan. Taliban berada di depan dan telah menguasai beberapa daerah.

Setelah tentara Afghanistan melarikan diri melintasi perbatasan, penasihat keamanan nasional pemerintah Afghanistan, Hamdullah Mohib, mengumumkan serangan balasan.

Rusia menutup konsulat Mazar-i-Sharif untuk sementara

Ditutup karena situasi keamanan yang memburuk Rusia konsulatnya di Mazar-i-Sharif, di Afghanistan utara. Utusan Rusia untuk Afghanistan Samir Kabulov mengatakan kepada kantor berita Tass bahwa situasinya berubah “dengan cepat”. “Pasukan Afghanistan telah meninggalkan terlalu banyak lingkungan. Tentu itu menimbulkan kegugupan,” ujarnya. Banyak konsulat di Mazar-i-Sharif telah “menangguhkan sementara kegiatan mereka sampai situasi menjadi jelas.” Tentara Bundeswehr terakhir tidak berasal dari Mazar-i-Sharif sampai akhir Juni kembali ke Jerman.

Seorang juru bicara Kedutaan Besar Rusia di Penerimaan disebutkan Moskow tidak berencana untuk mengevakuasi misi diplomatik. “Kedutaan dijaga dengan baik,” kata Nikita Ishchenko kepada kantor berita Ria Novosti.

READ  Polisi New York berhenti menggunakan anjing robot

Sejak dimulainya penarikan pasukan internasional dari Afghanistan, Taliban telah mempercepat kemajuan mereka. Akhir pekan ini, ia membuat keuntungan teritorial yang signifikan, terutama di utara dan timur laut negara itu. Provinsi Badachshan dan Tachar hampir seluruhnya ditaklukkan oleh kelompok Islam radikal; Hanya di ibu kota provinsi kendali angkatan bersenjata Afghanistan. Menurut laporan, Taliban juga telah berhasil merebut lingkungan strategis penting di luar kota Kandahar di Afghanistan selatan dan di provinsi Helmand, dua kubu tradisional Islam radikal.

Perebutan sebagian besar Badachshan dan Tachar menandakan kekalahan dramatis yang sangat penting secara simbolis bagi angkatan bersenjata Afghanistan. Selama perang saudara berdarah tahun 1990-an, kedua provinsi itu dipandang sebagai benteng utama Aliansi Utara, yang beroperasi melawan Taliban.

Juru bicara Taliban menjanjikan rencana perdamaian tertulis

Meskipun kemajuan mereka di Afghanistan, Taliban menawarkan prospek kemajuan dalam upaya perdamaian mereka. “Pembicaraan dan proses perdamaian akan dipercepat dalam beberapa hari mendatang dan harus memasuki fase penting. Tentu saja, ini akan menjadi rencana perdamaian, ”kata juru bicara Taliban Sabihullah Mujahid kepada kantor berita. Reuters. “Mungkin perlu satu bulan untuk mencapai tahap di mana kedua belah pihak berbagi rencana perdamaian tertulis mereka.” Putaran terakhir pembicaraan berada pada titik kritis. “Meskipun kami (Taliban) berada di atas angin di medan perang, kami melakukan percakapan dan dialog dengan sangat serius.”

Juru bicara Kementerian Perdamaian Afghanistan Nadschia Anwari membenarkan bahwa pembicaraan yang ditangguhkan telah dilanjutkan. Namun, sulit untuk membayangkan bahwa Taliban akan menyajikan versi tertulis dari rencana perdamaian mereka dalam sebulan. “Tapi mari kita bersikap positif. Kami harap Anda akan memperkenalkan mereka sehingga kami dapat memahami apa yang mereka inginkan.”

READ  Mike Pompeo: Bagaimana Menteri Luar Negeri AS mengosongkan dirinya dari Luksemburg

Written By
More from Lukman Haq

Erdogan mengumumkan penemuan baru gas alam di Laut Hitam

kembaliia menemukan deposit gas alam saat mencari bahan mentah di Laut Hitam....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *