Pemerintah AS: Lebih Banyak Dokumen JFK Dirilis | tagesschau.de

Status: 16.12.2021 08:39

Pemerintah AS telah merilis dokumen rahasia lainnya yang berkaitan dengan pembunuhan John F. Kennedy. Banyak halaman tetap terkunci dan terkunci. Sementara itu, Presiden Biden telah menunjuk putri Kennedy untuk jabatan duta besar.

Pemerintah AS telah merilis banyak dokumen tersegel lainnya yang berkaitan dengan pembunuhan mantan Presiden John F. Kennedy pada tahun 1963. Hampir 1.500 dokumen dari Badan Intelijen Asing AS CIA dan Polisi Federal FBI telah dirilis Rabu di situs Arsip Nasional Amerika Serikat.

Mereka menunjukkan sejauh mana upaya penyelidik Amerika untuk menemukan kemungkinan kaki tangan atau klien pembunuh Lee Harvey Oswald. Kemungkinan hubungan dengan dinas rahasia Uni Soviet, kelompok komunis di Afrika dan mafia Italia diperiksa. Dokumen-dokumen itu juga menunjukkan bagaimana Amerika Serikat memata-matai pemerintah Komunis Fidel Castro di Kuba, yang berhubungan dengan Oswald dan yang penggulingannya adalah tujuan Kennedy.

Sejarawan dan pihak berkepentingan lainnya dengan sabar menunggu rilis materi lebih lanjut. Para peneliti mengatakan mereka kecewa dengan CNN. Dokumen-dokumen itu mengandung sedikit hal baru dan kadang-kadang tampak seperti duplikat dari dokumen-dokumen yang diterbitkan sebelumnya di mana hanya beberapa kata yang telah diterbitkan. Ribuan dokumen masih sebagian dihitamkan atau seluruhnya dikaburkan.

Banyak teori konspirasi

Demokrat AS Kennedy ditembak mati saat mengendarai mobil terbuka di Dallas, Texas pada 22 November 1963. Banyak teori konspirasi berkembang seputar percobaan pembunuhan presiden karismatik, yang memicu keheranan di seluruh dunia.

Penyelidikan resmi setelah kematian Kennedy sampai pada kesimpulan bahwa dia ditembak mati oleh pelaku tunggal Oswald, yang pada gilirannya dibunuh dua hari kemudian oleh pemilik klub malam Jack Ruby. Versi tersebut telah dipertanyakan berulang kali oleh para ahli teori konspirasi di depan semua orang. Ada spekulasi bahwa simpatisan komunis Oswald ditempatkan di Kennedy oleh Kuba atau Uni Soviet – atau oleh kelompok-kelompok yang memusuhi Kuba dengan bantuan FBI. Yang lain percaya bahwa saingan politik bisa berada di balik pembunuhan presiden.

READ  Pertukaran kru ISS: astronot kembali dengan popok

Beberapa dokumen tetap terkunci

Mantan Presiden AS Donald Trump merilis lebih dari 53.000 dokumen dalam tujuh kali angsuran. Menurut Arsip Nasional, ini sesuai dengan 88% dari semua dokumen. Ribuan dokumen lainnya tetap dikunci, dengan mengacu pada keamanan nasional. Penerus Trump Joe Biden juga telah menunda rilis dokumen untuk menghindari “kerusakan pada pertahanan militer, operasi intelijen, pekerjaan polisi atau kebijakan luar negeri.”

Pakar Kennedy Philip Shenon menulis di portal berita “Politico” Rabu bahwa beberapa dokumen kemungkinan tidak akan pernah dirilis – yang seharusnya memicu teori konspirasi lebih lanjut. “Selama pemerintah menyembunyikan dokumen tertentu, itu akan memperkuat gagasan bahwa ada dasar faktual untuk konspirasi serius yang mengarah pada kematian Kennedy.”

Biden menginginkan putri Kennedy sebagai duta besar AS untuk Australia

Sementara itu, Presiden AS Joe Biden ingin mencalonkan putri mantan kepala negara John F. Kennedy untuk jabatan kepala Kedutaan Besar AS di Australia. Caroline Kennedy adalah Duta Besar untuk Jepang dari 2013 hingga 2017 di bawah pemerintahan mantan Presiden Barack Obama. Penunjukan pria 64 tahun yang akan datang untuk jabatan di Australia belum dikonfirmasi oleh Senat. Mungkin perlu beberapa minggu atau bahkan berbulan-bulan.

Written By
More from Lukman Haq
Tragedi Moskow: kecelakaan fatal di Teater Bolshoi
Status: 10.10.2021 15.59 Salah satu aktor mengalami kecelakaan fatal selama pertunjukan di...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.