Instrumen terbesar di dunia – teleskop radio Kharkiv

Instrumen terbesar di dunia – teleskop radio Kharkiv
Beberapa kandang dipol lengan barat UTR-2 dekat Kharkiv

Beberapa kandang dipol dari lengan barat UTR-2 dekat Kharkiv ((Serge Yerin/UTR))

Lebih dari 2.000 di antaranya diatur dalam enam baris melintasi lanskap. Dilihat dari atas, strukturnya menyerupai huruf T: dua garis bujursangkar lebar yang saling tegak lurus dan memanjang masing-masing sepanjang 900 dan 1.800 meter. UTR-2 telah ada selama 50 tahun. Itu dibangun pada zaman Soviet.

Teleskop menerima gelombang radio frekuensi sangat rendah antara 8 dan 35 megahertz. Para ahli dari Akademi Ilmu Pengetahuan Ukraina menggunakannya untuk mengukur, antara lain, radiasi dari matahari, Jupiter, Saturnus dan pulsar. Dimungkinkan juga untuk mempelajari bagaimana gas di antara bintang-bintang sedikit mengubah gelombang radio yang melewatinya.

Instrumen jenis ini dapat menerima radiasi dari kosmos kapan saja, siang atau malam, dan dalam cuaca apa pun. Dengan empat teleskop lain yang jauh lebih kecil yang tersebar di seluruh negeri, teleskop ini dapat digabungkan untuk membentuk satu instrumen raksasa – untuk menangkap lebih detail objek yang jauh. Teleskop ini terletak 60 kilometer tenggara Kharkiv, tak jauh dari jalan raya menuju Izyum. Pertanyaan apakah UTR-2 akan kembali menerima radiasi dari luar angkasa setelah perang terbuka sepenuhnya.

READ  Ini adalah seberapa cepat ponsel Pixel 6 baru mengisi daya
Written By
More from Munir Rad
Petualangan Gratis Jack Sparrow Dimulai
Petualangan dengan Jack Sparrow di Sea of ​​​​Thieves telah dimulai dan Anda...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *