Ini adalah SU-25 Armenia yang dikatakan telah ditembak jatuh oleh F-16 …

Memuat …

Jorvan – Kementerian Pertahanan Armenia Sebuah jet tempur SU-25 militer mengatakan telah ditembak jatuh Jet tempur F-16 Turki Selasa kemarin. Turki sebelumnya telah menuntut bukti dari klaim ini.

Gambar dari Kementerian Pertahanan Armenia dipresentasikan di Pusat Informasi Persatuan Armenia pada hari Rabu. Beberapa foto menunjukkan puing-puing jet tempur Su-25 miliknya dengan beberapa tentara Armenia di dekatnya. (Baca: – Jet tempur F-16 Turki jatuh, Su-25 berbicara di Armenia, Azerbaijan)

Pesawat itu jatuh saat pertempuran dengan pasukan Azerbaijan di wilayah Nagorno-Karabakh. Pilotnya, Valerie Daniel, tewas dalam kecelakaan itu.

Sementara itu, ajudan Presiden Azerbaijan Ilham Aliyev mengatakan dua jet tempur Su-25 Armenia hancur pada 29 September. Namun, dia mengatakan kedua pesawat tersebut jatuh setelah menabrak gunung, bukan jet tempur F-16 yang ditembakkan oleh Turki.

“Kedua pesawat itu menabrak gunung dan meledak,” kata Hikmat Hajiyev, seorang ajudan presiden. Hal ini menunjukkan bahwa pimpinan militer Armenia tidak memberikan informasi yang akurat kepada warganya dan masyarakat luas. Reuters, Kamis (1/10/2020). (Baca: – Diculik di Penjara Seni Azerbaijan, tentara Armenia menangis saat mereka pulang)

Menteri Pertahanan Azerbaijan Vagif Dargihli sebelumnya mengkritik klaim Armenia. Laporan bahwa Succo-5 Armenia dihancurkan oleh pesawat tempur F-16 adalah salah.

Ajudan utama Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Fahrenheit Altu, juga melihat klaim Armenia sebagai “petualangan”. “Pertanyaan Armenia itu salah,” katanya Bloomberg. Pejabat Turki mengecam kecaman Armenia atas “propaganda murahan”

Nagorno-Karabakh adalah wilayah yang dikuasai Armenia. Ia dibebaskan dari Azerbaijan pada 1990-an atau tak lama setelah runtuhnya Uni Soviet. Azerbaijan tidak mengakui kemerdekaan ini dan masih mempertimbangkan wilayahnya. Namun, Armenia akan mempertahankan Nagorno-Karabakh, sekutu etnis. (Baca lebih banyak: Perang brutal menghancurkan sistem rudal S-300 Armenia di Azerbaijan)

READ  Australia: tikus merusak penjara - ratusan narapidana dipindahkan

(menit)

Written By
More from Lukman Haq

“Ever Diberikan” tidak diizinkan untuk lepas landas

Sejak kapal barang “Ever Given” memblokir Terusan Suez, jutaan keluhan telah diajukan....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *