Indonesia: Gempa Tewaskan Sedikitnya 35 Orang di Sulawesi – Berita Asing

Gambar-gambar ini mengingatkan pada gempa bumi dahsyat tahun 2018.

Gempa berkekuatan 6,2 mengguncang pulau Sulawesi di Indonesia pada hari Jumat Sedikitnya 35 orang tewas. 600 orang lainnya terluka, 200 di antaranya serius, menurut Badan SAR Nasional.

Sebagian besar korban berada di ibu kota sub-kota, Mamju, Metro TV melaporkan, menurut kepala pertahanan sipil setempat Darno Majid pada hari Jumat. Korban lainnya diduga berada di antara reruntuhan.


Gempa juga menghancurkan rumahFoto: AP.

Puluhan rumah hancur atau rusak akibat gempa. Juru bicara gubernur, Mohammed Idris, mengatakan, antara lain, dua rumah sakit dan satu gedung pemerintah daerah di Mamuju ambruk. “Kami saat ini berusaha menyelamatkan orang-orang dari gedung administrasi. Kami mendengar suara mereka, tetapi mereka tidak bisa bergerak.


Gempa Sulawesi menewaskan sedikitnya 35 orang dan melukai 600 lainnya

Gempa Sulawesi menewaskan sedikitnya 35 orang dan melukai 600 lainnyafoto: AFP

Gempa mengguncang pulau itu sekitar pukul 13:28 (Kamis pukul 19:28). Pusat gempa dilaporkan 10 kilometer dari sisi barat pulau. Antara lain, beberapa tanah longsor terjadi di wilayah tersebut, menurut Pertahanan Sipil. Ribuan orang harus meninggalkan rumah mereka. Gempa berkekuatan 5,9 mengguncang wilayah itu pada hari Kamis. Awalnya tidak ada peringatan tsunami.


Pemburu menarik orang keluar dari puing-puing

Pemburu menarik orang keluar dari puing-puingFoto: AP.

Panggilan bantuan dari tempat sampah

Sebuah video yang dirilis oleh Civil Protection menunjukkan seorang gadis kecil menangis di bawah reruntuhan rumah. “Ada empat orang di sana, tapi kami tidak bisa berbuat apa-apa karena kami tidak memiliki alat berat,” kata salah satu suara laki-laki. Dalam video lain, seorang wanita menunjuk reruntuhan rumahnya dan berkata:


Ketika para korban diselamatkan dari puing-puing, orang-orang menangis

Ketika para korban diselamatkan dari puing-puing, orang-orang menangisfoto: dpa

Pada tahun 2018, lebih dari 4.000 orang baru-baru ini meninggal dalam gempa bumi berkekuatan 7,5 dan tsunami berikutnya di dekat kota Suluwesi. Pulau ini terletak di antara Kalimantan dan New Guinea. Indonesia berada di tengah serangkaian gempa bumi dan letusan gunung berapi.

READ  Kaca Alam: Dua gunung berapi di Indonesia mengeluarkan abu dan bebatuan
Written By
More from Saddam Javed

Trio Inggris memenangkan hadiah Nobel untuk penemuan virus hepatitis C.

Stockholm, investor.id – Harvey Alter dan Charles Rice dari Amerika Serikat, bersama...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *