Hubungan tidak boleh terganggu: Kremlin menetapkan persyaratan untuk keanggotaan UE Ukraina

Hubungan tidak harus menderita
Kremlin menetapkan persyaratan untuk keanggotaan UE Ukraina

Setelah diskusi panjang, Ukraina dan Republik Moldova kini menjadi salah satu calon anggota UE. Namun, Kremlin memperingatkan bahwa pengakuan tidak boleh memperburuk hubungan antara kedua negara dan antara UE dan Rusia. Ini “juga sudah banyak yang manja”.

Kremlin menetapkan sebagai syarat untuk kemungkinan aksesi ke Uni Eropa Ukraina dan Republik Moldova bahwa hubungan mereka dengan Rusia tidak memburuk lebih lanjut. Pemberian status kandidat kepada dua bekas republik Soviet pada dasarnya merupakan “urusan internal Eropa”, kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov, menurut kantor berita Interfax. “Sangat penting bagi kami bahwa proses ini tidak lagi menimbulkan masalah bagi kami atau hubungan dengan negara-negara yang disebutkan.”

Selain itu, harus diperhatikan agar hubungan antara Rusia dan Uni Eropa tidak memburuk lebih lanjut karena Ukraina dan Moldova semakin dekat dengan UE, kata Peskov. “Mereka sudah cukup manja.” Juru bicara Kremlin juga mengkritik kepemimpinan Moldova dalam konteks ini: mereka mencoba membenarkan status kandidat dengan mengambil tindakan terhadap Rusia. “Sepertinya Anda semakin anti-Rusia, semakin banyak orang Eropa yang akan menyukai mereka,” kata Peskov.

Setelah serangan Rusia ke Ukraina, Republik Moldova secara resmi menyatakan dirinya netral dan sejauh ini tidak berpartisipasi dalam sanksi Barat terhadap Rusia, yang pasokan gasnya masih sangat bergantung pada republik. Pada saat yang sama, ketakutan tumbuh di Chisinau bahwa pasukan dari Moskow akan menyerang negara mereka sendiri, dengan alasan dugaan penindasan terhadap penduduk berbahasa Rusia. Moldova memiliki wilayah konflik di Transnistria, di mana rezim separatis pro-Rusia telah memerintah secara de facto sejak tahun 1990-an.

READ  Donald Trump: masa jabatan presiden AS sudah berakhir, menurut Departemen Luar Negeri - kebijakan luar negeri
Written By
More from Lukman Haq
Luar biasa: seorang wanita (18) baru saja membuang bayinya ke tempat sampah – dia hidup! – Berita luar negeri
Hobbs (Amerika Serikat) – Betapa putus asanya ibu muda ini? Adegan mengejutkan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.