Kerusuhan China dan Taiwan: kurcaci Uni Eropa menghadapi Beijing – kebijakan luar negeri

Krisis diplomatik serius antara Cina, negara berpenduduk 1,4 miliar jiwa, dan kerdil Lituania dari Uni Eropa (2,8 juta jiwa).

Alasan utama: Lithuania memperdalam hubungannya dengan Taiwan – selain China, yang melihat pulau itu sebagai provinsi separatis.

China marah – dan bereaksi: Beijing menarik duta besarnya dari negara kecil Baltik itu – dan mengusir perwakilannya dari Beijing.

Inilah yang sebenarnya terjadi: tiga minggu lalu, Taiwan mengumumkan pembukaan perwakilan perdagangan di ibukota Lituania, Vilnius. Nama kantor yang halus: “Representasi Taiwan”.

Sebuah insiden khusus yang sangat membuat marah Cina. Jika tidak, dunia pada umumnya memperlakukan Taiwan seperti yang diinginkan Beijing: Agen serupa di negara lain, seperti Jerman, disebut “agen Taipei” sebagai ibu kota Taiwan, tetapi tidak menyandang nama negara.

Taiwan (23,6 juta orang), yang terpecah setelah Perang Saudara China pada tahun 1949 dan sekarang hidup secara demokratis, telah menjadi duri di pihak Beijing sejak didirikan. Karena takut China, sebagian besar negara di dunia tidak secara resmi mengakui negara pulau, yang juga disebut “Republik China”, dan Taiwan juga bukan anggota PBB. Hanya 15 negara yang sangat kecil, termasuk Vatikan, yang melakukan ini dan tidak memiliki hubungan diplomatik dengan China untuk itu.


Langkah-langkah ini juga mendorong China

Eskalasi baru-baru ini antara Vilnius dan Beijing tidak muncul begitu saja. Untuk beberapa waktu sekarang, Lithuania telah berulang kali menunjukkan bahwa kebijakan China tanpa sujud Beijing adalah mungkin:

Pada bulan Mei, parlemen Lituania mendeklarasikan penindasan terhadap minoritas Muslim Uyghur di Cina sebagai genosida.

Tak lama setelah itu, Lituania meninggalkan “17 + 1”, kerja sama yang diprakarsai oleh Beijing antara Cina (“1”) dan negara-negara Eropa Tengah dan Timur (“17”), di mana Beijing menjanjikan keuntungan ekonomi – dengan imbalan bantuan politik .

Pada bulan Juni, Lituania menyumbangkan 20.000 kaleng AstraZeneca ke Taiwan. Negara ini berjuang untuk mendapatkan vaksinasi karena blokade di China (misalnya di Organisasi Kesehatan Dunia).

Orang-orang Lituania sangat solid dalam hal menghadapi China. Ketika protes terhadap kebijakan agresif Beijing di Daerah Administratif Khusus meletus di Hong Kong pada tahun 2019, orang-orang Lituania juga menunjukkan solidaritas yang besar dengan gerakan demokrasi dan mengadakan rapat umum di Vilnius.

READ  Meksiko membebaskan tahanan yang disiksa
Written By
More from Lukman Haq
Setidaknya 60.000 hektar telah terbakar
BMenurut perkiraan awal, setidaknya 60.000 hektar atau 600 kilometer persegi luas lahan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *