Bahasa pemrograman: Rust telah menduduki posisi teratas selama enam tahun

Platform pengembangan Stack Overflow telah merilis hasil “Survey Pengembang Stack Overflow 2022”. Kali ini, lebih dari 73.000 peserta dari 180 negara ikut serta dalam survei pengembang tahunan. Sebagian besar berasal dari Amerika Serikat, India, Jerman, Inggris, dan Kanada. Tujuan dari survei ini adalah untuk menangkap alat dan tren terbaru, termasuk bahasa pemrograman dan teknologi web yang paling populer dan paling tidak populer, serta gaji orang-orang di berbagai peran TI.

Menurut survei, gaji tahunan rata-rata di sektor TI di Jerman adalah yang tertinggi untuk manajer senior: dinyatakan dalam dolar AS, mereka memperoleh sekitar 97.000 USD. Berikutnya adalah Manajer Teknik ($96.000) dan Insinyur Keandalan Situs ($83.000). Pakar Blockchain selesai di depan Insinyur Infrastruktur Cloud dan Insinyur Data (masing-masing $ 77.000) dengan $ 80.000. Pekerjaan dalam ilmu data dan pembelajaran mesin dihargai di tempat keenam, menghasilkan rata-rata $75.000 per tahun.

Survei Pengembang Stack Overflow 2022: Pekerjaan TI dengan Pembayaran Tertinggi di Jerman;  Data sebagai gaji tahunan rata-rata dalam dolar AS

Survei Pengembang Stack Overflow 2022: Pekerjaan TI dengan Pembayaran Tertinggi di Jerman; Data sebagai gaji tahunan rata-rata dalam dolar AS

(Gambar: tumpukan overflow)

Informasi gaji didasarkan pada 2.879 tanggapan dari pengembang di Jerman. Stack Overflow juga secara terpisah menyajikan data gaji untuk empat negara lain yang paling terwakili, dan gambaran umum semua negara juga terwakili.

Seperti setiap tahun, Stack Overflow bertanya tentang bahasa pemrograman yang paling populer dan paling tidak populer dan mana yang ingin dipelajari oleh pengembang. Bahasa yang paling banyak digunakan juga disurvei.

Untuk ketujuh kalinya berturut-turut, Rust adalah bahasa pemrograman paling populer: 87% responden ingin terus menggunakan bahasa tersebut. Dia berdiri untuk pertama kalinya 2016 di atas kategori ini kemudian menggantikan Swift. Penggunaan Rust sedikit meningkat dibandingkan tahun lalu: pada tahun 2021, masih 7% peserta survei yang menggunakan Rust, jumlahnya kini meningkat menjadi 9%. Tempat kedua dan ketiga bahasa pemrograman paling populer adalah Elixir dan Clojure, masing-masing dengan 75% dan hanya sedikit penyimpangan di tempat desimal.

Survei Pengembang Stack Overflow 2022: 20 Bahasa Pemrograman Paling Populer

Survei Pengembang Stack Overflow 2022: 20 Bahasa Pemrograman Paling Populer

Survei Pengembang Stack Overflow 2022: 20 Bahasa Pemrograman Paling Populer

(Gambar: tumpukan overflow)

Rust juga berada di puncak daftar bahasa pemrograman yang ingin dipelajari oleh para pengembang, berbagi posisi teratas dengan Python sebesar 17,6%. Bahasa yang paling tidak populer adalah MATLAB, yang 81% penggunanya tidak ingin lagi menggunakannya. COBOL (80%) dan VBA (79%) juga menghasilkan sedikit antusiasme.

Untuk Svelte, itu adalah jeda singkat sebagai kerangka web favorit nomor satu: pendatang baru Phoenix menjatuhkannya tahun ini setelah penampilan pertama Svelte dalam jajak pendapat tahun lalu. Phoenix adalah Kerangka kerja untuk membuat aplikasi web interaktif dengan bahasa pemrograman Elixir. Setelah Svelte di tempat kedua, penantang Node.js Deno melengkapi 3 kerangka kerja web teratas.

Hasil survei lainnya, misalnya, peningkatan mereka yang belajar coding online dari hampir 60-71%. Sudah di tahun sebelumnya, menjadi jelas bahwa metode pembelajaran online memainkan peran yang semakin penting.

73.268 pengembang dari 180 negara berpartisipasi dalam “Survei Pengembang Stack Overflow 2022” dari 11 Mei hingga 1 Juni 2022. Pemilihan teknologi yang diminta didasarkan pada tag yang paling populer dan paling cepat berkembang di Stack Overflow di berdasarkan pada pertanyaan yang diajukan di sana dan di sisi lain pada jawaban yang dipilih dari para peserta dalam survei selama setahun terakhir. Data gaji tahunan yang dihitung didasarkan pada nilai tukar terhadap dolar AS pada 24 Mei 2022, dengan asumsi dua belas bulan kerja dan 50 minggu kerja.

Sebuah posting blog Stack Overflow merangkum hasil survei tahun ini. Laporan lengkap juga tersedia secara online.


(Mungkin)

Ke beranda

READ  Strategi baru China menjanjikan sedikit berita
Written By
More from Hulwi Zafar
Insiden di Dubai: Emirates Boeing 777 lepas landas hanya 23 meter di atas gedung
Sebuah Boeing 777 Emirates nyaris lolos dari bencana. Para kru tidak menyadari...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.