Chadwick Boseman meninggal karena kanker usus besar, bagaimana cara mencegahnya? Semua halaman

KOMPAS.com – Aktor Hollywood, Boseman Chadwickdikabarkan meninggal pada Sabtu (29/8/2020) waktu setempat. Sebelum meninggal, berat badan Chadwick Boseman disebut-sebut telah turun menjadi 23 kilogram karena sakit. kanker usus besar yang menderita.

Padahal, penurunan berat badan bisa menjadi tanda atau gejala kanker usus besar. Selain itu, gejala kanker usus dapat berupa perubahan kebiasaan buang air besar yang terus-menerus, seperti diare, sembelit, atau perubahan konsistensi tinja.

Kemudian pendarahan dubur atau darah di tinja Anda dan sakit perut yang terus-menerus, seperti kram, gas, atau nyeri, dan perasaan bahwa usus Anda tidak sepenuhnya kosong.

Menurut laporan dari Mayo Clinic, dokter masih belum bisa memastikan apa penyebab kanker usus besar.

Baca juga: Apakah ada peringatan dini untuk kanker usus besar?

Secara umum, kanker usus besar dimulai ketika sel sehat di usus besar mengalami perubahan (mutasi) pada DNA mereka. DNA sel berisi serangkaian instruksi yang memberi tahu sel apa yang harus dilakukan.

Sel sehat tumbuh dan membelah secara teratur untuk menjaga fungsi tubuh normal. Namun, ketika DNA sel menjadi rusak dan bersifat kanker, sel terus membelah meski sel baru tidak diperlukan. Akibatnya sel menumpuk dan membentuk tumor.

Seiring waktu, sel kanker dapat tumbuh menyerang dan menghancurkan jaringan normal di sekitarnya. Dan sel kanker dapat melakukan perjalanan ke bagian tubuh lainnya untuk membentuk endapan di sana (bermetastasis).

Faktor atau risiko yang dapat meningkatkan risiko kanker usus besar, seperti riwayat keluarga kanker usus besar, diabetes, berusia di atas 50 tahun, mengalami kondisi radang usus, dan riwayat pribadi kanker kolorektal.

Selain itu, gaya hidup menetap, obesitas, merokok, konsumsi alkohol, pola makan rendah serat dan tinggi lemak juga bisa menjadi faktor risiko. Di luar itu, orang Afrika-Amerika ditemukan memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker usus besar daripada ras lain.

READ  Pesawat ruang angkasa NASA mendarat di steroid, menjelajahi tata surya

Baca juga: Pelajari tentang CAF, penyebab utama penyebaran kanker usus besar

Bagaimana mencegahnya?

Dokter menganjurkan agar kebanyakan orang mempertimbangkan skrining kanker usus besar sekitar usia 50 tahun.

Namun, orang dengan risiko lebih tinggi, seperti mereka yang memiliki riwayat keluarga kanker usus besar, harus mempertimbangkan deteksi dini.

Perubahan Gaya Hidup untuk Mengurangi Risiko Kanker Usus Besar

Anda dapat mengambil langkah-langkah awal untuk mengurangi risiko kanker usus besar dengan melakukan perubahan dalam kehidupan sehari-hari.

Selesaikan langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Makan berbagai macam buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian. Kandungan vitamin, mineral, serat dan antioksidan yang dikandungnya dapat berperan dalam pencegahan kanker. Pilihlah buah-buahan dan sayuran yang bervariasi untuk mendapatkan berbagai vitamin dan nutrisi.

2. Batasi asupan alkohol Anda. Jika Anda memilih untuk minum alkohol, batasi jumlah alkohol yang Anda minum tidak lebih dari satu gelas sehari untuk wanita dan dua gelas sehari untuk pria.

3. Berhenti merokok. Bicaralah dengan dokter Anda tentang cara berhenti merokok yang mungkin berhasil.

4. Berolahraga hampir setiap hari dalam seminggu. Cobalah berolahraga setidaknya 30 menit setiap hari. Jika Anda tidak menganggur, mulailah perlahan dan secara bertahap tingkatkan hingga 30 menit. Namun, bicarakan dengan dokter Anda sebelum memulai program olahraga apa pun.

5. Menjaga berat badan yang sehat. Cobalah untuk menjaga berat badan Anda dengan menggabungkan pola makan sehat dengan olahraga setiap hari. Jika Anda merasa perlu menurunkan berat badan, tanyakan kepada dokter Anda tentang cara sehat untuk melakukannya.

Written By
More from Munir Rad

Harga HP Xiaomi Redmi 9C Rp. 1,3 juta, smartphone dengan tiga kamera belakang dan baterai 5.000 mAh

TRIBUNMANADO.CO.ID – Hanphone terbaru Xiaomi dibandrol dengan harga Rp 1,3 jutaan. Ini...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *