Waspadalah terhadap Ganging! China marah, kapal Amerika telah masuk

Jakarta, CNBC Indonesia China memperingatkan AS di Laut China Selatan Pasalnya, kapal perusak AS USS John S. McCain memasuki Kepulauan Sisha (Paracel) pada Jumat (9/10/2020) tanpa izin.

Tindakan tersebut, yang dikutip oleh media lokal CGTN, digambarkan sebagai tindakan yang berbahaya dan provokatif. Kepulauan Shinsha, meski sebenarnya banyak negara memiliki pandangan serupa, konon adalah Vietnam dan Taiwan.


Kolonel Zhang Nandong, juru bicara Komando Teater Selatan PLA, mengatakan angkatan laut China juga telah mengirim angkatan laut dan udara untuk memantau perjalanan (10 AS) (2020).

Dia meminta Amerika Serikat untuk menghentikan operasi militernya. Dia menjanjikan dukungan China untuk integritas teritorial China di Laut China Selatan.

Zhang mengatakan Amerika Serikat sering “mengayunkan otot” dan memperkuat militernya di arena. Menurut Zhang, hal ini merugikan kedaulatan dan kepentingan keamanan China serta mengganggu perdamaian dan stabilitas kawasan.

Sementara itu, Marinir ke-7 Angkatan Laut AS, McCain, menggunakan hak mereka atas kebebasan bergerak dan kendali atas Kepulauan Paralel. Operasi tersebut menunjukkan bahwa perairan ini terpisah dari fakta bahwa China secara hukum berbicara tentang pantainya.

China mengklaim pulau-pulau di Laut China Selatan pada tahun 2009, terlepas dari kenyataan bahwa pulau-pulau itu berada hingga 1.000 mil di lepas pantai China.

Pulau-pulau di Cina juga merupakan bagian dari Malaysia, Vietnam, dan Filipina, karena wilayahnya dekat dengan pantai negara-negara tersebut. China telah berselisih dengan China Utara.

Amerika Serikat sebelumnya secara terbuka membantah klaim China ini. Amerika Serikat menuduh China melanggar hukum sejak Juli lalu.

Sebelumnya, NATO diminta untuk mengikuti kunjungan lanjutan ke China. Empat negara Quad, yang meliputi Amerika Serikat, Jepang, India, dan Australia, akan membentuk serikat untuk mengontrol China di Asia.

READ  Dalam menghadapi protes damai di wilayah Muslim, nenek ini tampil di sampul majalah Time

[Gambas:Video CNBC]

(Kepala / kepala)


Written By
More from Lukman Haq

Turki membantah amunisi jet tempur Armenia

Memuat … Ankara – Armenia Jet tempur F-16 diduga miliknya Turki Pilot...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *