Tiga pemenang Black Hall dianugerahi Hadiah Nobel

Tiga ilmuwan dianugerahi Penghargaan Nobel Fisika pada Selasa (6/10).

REPUBLIKA.CO.ID, STOCKHOLM – Tiga ilmuwan dianugerahi Hadiah Nobel Fisika pada Selasa (6/10) atas penemuan lubang hitam. Bahkan tarikan gravitasi terkuat berada di luar cahaya.

Hadiah Nobel dimenangkan oleh ilmuwan Inggris Roger Penros, Renhard Jenzel dari Jerman, dan Andrea Giz dari Amerika. Lubang hitam adalah hasil langsung dari teori umum lubang hitam Albert Einstein, menggunakan teori matematika yang diberikan oleh Komite Nobel kepada setengah dari hadiah uang Pencerosse sebesar setengah $ 1,1 juta, atau sekitar $ 16,5 miliar.

Untuk mengeksplorasi konsep relativitas umum Albert Einstein, Penroz mengembangkan metode matematika yang cerdik. Teori tersebut menunjukkan bahwa monster dalam ruang dan waktu akan mengarah pada penciptaan lubang hitam di mana mereka dapat menjebak apa pun yang mereka masuki.

Bahkan cahaya pun tidak bisa lepas. Sepuluh tahun setelah kematian Einstein, pada Januari 1965, Penroz mengkonfirmasi secara rinci bahwa lubang hitam dapat dibuat.

Di jantung Lubang Hitam, dia menemukan bahwa semua hukum alam sudah tidak ada lagi. Tulisan Penrusse yang luar biasa dianggap memberikan kontribusi yang signifikan pada konsep Einstein.

Ganzel dan Gaz memenangkan babak kedua untuk menemukan sesuatu yang tak terlihat, berat dan besar di tengah galaksi kita. Sejak 1990-an, Gensel dan Gaz masing-masing telah memimpin astronom di galaksi Bima Sakti, yang dikenal sebagai Sagitarius A *. Mereka telah menunjukkan dengan sangat tepat bintang terdekat dan paling terang di Bima Sakti.

Mereka berdua menyeret setumpuk bintang dan menemukan sesuatu yang sangat sulit dilihat. Sekitar empat juta ton energi matahari dikumpulkan di wilayah yang tidak lebih besar dari tata surya bumi.

READ  Dipangkas menjadi 5,5 juta, iPhone 11 menjadi yang termurah dari ketiga gerai tersebut

Penyelenggara memberikan hadiah pada hari Selasa untuk menghormati salah satu objek paling spektakuler di alam semesta. “Temuan pemenang tahun ini membuka pintu ke bidang studi baru,” kata Ketua Komite Hadiah Nobel Perdamaian David Haviland dalam sebuah pernyataan.

Namun fenomena ini masih menimbulkan banyak pertanyaan untuk dijawab dan menginspirasi penelitian di masa depan. Ada pertanyaan tidak hanya tentang struktur internal mereka, tetapi juga tentang bagaimana menguji teori gravitasi dalam kondisi canggung di sekitar lubang hitam, kata Haviland.

Lubang hitam telah memesona para ilmuwan dan masyarakat umum selama beberapa dekade. Ilmuwan telah mengungkap lubang hitam pertama pada 2019.

Lubang hitam sangat sulit untuk dipahami, yang membuatnya sangat menarik. Saya benar-benar menganggap sains sebagai teka-teki besar. Menurut AP, Gaz pada Selasa (6/10).

Menurut Royal Swedish Academy of Sciences, lubang hitam penting untuk bahan penyusun alam semesta. Gaz adalah wanita keempat yang menerima Hadiah Nobel Fisika tahun 1903, Marie Curie tahun 1963, Maria Gopert-Mayer, dan Donna Australia.

Saya harap saya bisa menginspirasi remaja putri lainnya ke bidang ini. Ini adalah bidang yang sangat menarik. Dan ada banyak hal yang dapat Anda lakukan jika Anda menyukai sains.

Pengumuman pemenang setiap Hadiah Nobel akan berlanjut hingga minggu depan. Hadiah Nobel Kimia dijadwalkan pada hari Rabu, dengan Penghargaan Sastra pada hari Kamis, Hadiah Perdamaian pada hari Jumat dan Penghargaan Ekonomi pada hari Senin.

sumber: AP

Written By
More from Saddam Javed

Bisakah saya mengetahui biaya perbaikan sebelum Boeing mendapatkan iPhone baru?

Jakarta, Seluler Apple telah merilis iPhone 12 dan iPhone 12 Pro terbaru....
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *