Miniatur berwarna: dugaan ilustrasi buku karya Albert Dürer ditemukan di Oldenburg

Penemuan spektakuler
Kemungkinan harta karun Dürer ditemukan dalam buku kuno

Sebuah buku tua telah tergeletak di sekitar perpustakaan Oldenburg selama 230 tahun. Baru sekarang para peneliti menyadari bahwa gambar kecil di dalamnya bisa menjadi harta Renaisans yang hebat. Saat ini, para ahli Albrecht Dürer banyak dicari.

Sebuah ilustrasi buku yang sebelumnya tidak diketahui, yang mungkin dibuat oleh seniman Renaisans Albrecht Dürer, telah ditemukan di Perpustakaan Negara Bagian Oldenburg. Perpustakaan berbicara tentang penemuan yang spektakuler. Miniatur berwarna-warni itu dipresentasikan kepada publik di Oldenburg pada Selasa malam di hadapan Menteri Ilmu Pengetahuan CDU Lower Saxony, Björn Thümler.

Karya seni kecil, hanya 16,5 kali 6 sentimeter, menunjukkan dua putti pada makhluk laut seperti lumba-lumba. Di tengah adalah lambang sarjana Nuremberg Willibald Pirckheimer (1470-1530). Gambar itu menghiasi halaman pertama teks Yunani yang dicetak oleh pencetak dan penerbit Venesia Aldus Manutius (1450-1515). Buku itu milik perpustakaan Pirckheimer.

Dürer (1471-1528) dan Pirckheimer adalah teman dekat. Didokumentasikan bahwa pada tahun 1634 ahli waris Pirckheimer menjual 14 buku dengan ilustrasi yang diduga oleh master kepada seorang kolektor di Belanda. Enam dari buku-buku ini diketahui, buku Oldenburg jelas yang ketujuh dalam seri. Karena tradisi ini, para ahli Oldenburg menganggap sangat mungkin bahwa miniatur itu berasal dari tangan Dürer. Studi banding sejarah seni rupa masih terus dilakukan, tambahnya.

Pakar Dürer memeriksa miniatur

Lukisan, grafik, dan desain Dürer untuk objek sehari-hari sangat terkenal, dan seniman Renaisans Jerman yang paling penting juga mengilustrasikan buku. Namun, di dunia profesional, ada diskusi apakah ini juga berlaku untuk buku-buku Pirckheimer.

“Kedekatan dengan Dürer tidak mungkin,” kata Matthias Weniger dari Museum Nasional Bavaria di Munich. Tapi dia akan merasa lebih bijaksana untuk terlebih dahulu membuat studi perbandingan sejarah seni sebelum membangkitkan nama spektakuler Dürer. Beberapa ahli dari luar Dürer ingin melihat thumbnail sebelum mengomentari argumen Oldenburg.

Gambar kecil itu ditemukan saat meneliti cetakan oleh penerbit Aldus Manutius di Perpustakaan Negara. Koleksi yang disebut Aldinen di Oldenburg ini mengoleksi 263 karyanya, yang dianggap sebagai bukti sejarah kuno percetakan di Eropa. Buku Pirckheimer datang ke perpustakaan ducal di Oldenburg pada tahun 1791 (sekarang perpustakaan negara bagian). Tetapi kemungkinan signifikansi sejarah seni dari gambar kecil di bagian bawah halaman pertama tidak dikenali selama lebih dari 230 tahun.

(Artikel ini pertama kali terbit pada Rabu, 22 Juni 2022.)

READ  Sosok lilin Berlin ditertawakan di seluruh dunia - siapa bintang dunia ini? -BZ Berlin
Written By
More from Mujahid Jaffer
Apakah dia lajang atau diambil? Andrej Mangold mengambil stok
Bagaimana dia sekarang? Andrei Mangolds (35) Mencintai kehidupan? Pada tahun 2019, pemain...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.