Gempa kuat mengguncang Indonesia dan Filipina

Gempa kuat mengguncang Indonesia dan Filipina

Indonesia dan Filipina
“Cincin Api” Aktif: Gempa kuat mengguncang Kepulauan Pasifik

Setelah gempa bumi di Indonesia, bangunan hancur

Baik Indonesia maupun Filipina sering mengalami gempa bumi kuat.

© Surianto / Aliansi Gambar

Gempa bumi dahsyat melanda negara-negara kepulauan di Asia Tenggara, Filipina dan Indonesia. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan.

Baik Indonesia maupun Filipina terletak pada apa yang dikenal sebagai Cincin Api Pasifik, wilayah yang paling aktif secara seismik dan vulkanik di dunia. Kedua negara bagian itu diguncang gempa kuat pada Senin pagi.

6.4 Gempa Bumi

Pertama, Institut Vulkanologi dan Seismologi Filipina mencatat gempa berkekuatan 6,4 di barat laut Filipina. Oleh karena itu, pusatnya terletak 67 kilometer di sebelah barat Pulau Cabra kecil dan dalamnya 11 kilometer.

Menurut informasi, jelas terasa di wilayah ibu kota pulau Luzon di sekitar Manila dan di pulau Mindoro di selatan. Lebih dari 40 gempa bumi telah terjadi. Tidak ada cedera atau kerusakan yang awalnya diketahui.

Gempa tanpa peringatan tsunami

Beberapa menit kemudian, gempa bumi dahsyat melanda Indonesia bagian barat, USGS melaporkan pada 6,7 ​​skala Richter. Dengan demikian, pusat tersebut terletak 170 kilometer sebelah barat kota pesisir Sumatera Barat Pariaman dan 22 kilometer di bawah Kepulauan Mantawai. Rantai pulau kecil di lepas pantai barat daya Sumatera terletak tepat di tempat pertemuan lempeng tektonik Australia dan Eurasia.

Sedikitnya enam orang tewas dan puluhan luka-luka ketika gempa berkekuatan 6,2 melanda wilayah itu pada akhir Februari. Filipina Tengah terakhir kali terkena pada tahun 2011. Itu adalah gempa 7,1 pada tahun 2013. Saat itu, 220 orang meninggal di negara Asia Tenggara itu.

Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan setelah gempa terakhir.

Halo
DPA

READ  Dicat dengan dua kartu merah, pertandingan berakhir imbang 1-1
Written By
More from Saddam Javed
Penjaga gawang Liverpool Liverpool menertawakan dua pemain Arsenal setelah menebak arah hukumannya
TWITTER.COM/CHAMPIONSLEAGUE Penjaga gawang Liverpool Liverpool Adrian San Miguel akan membela penalti striker...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *