Perlindungan perangkat elektronik mahal: cabut steker jika terjadi petir dan guntur?

Perlindungan perangkat elektronik mahal
Cabut colokan guntur dan kilat?

Oleh Klaus Wedekind

Mencari pohon beech dan menghindari padang rumput selama badai petir jelas salah dan juga berbahaya. Tapi bagaimana dengan aturan untuk mencabut kabel televisi, komputer, dan barang elektronik mahal lainnya jika terjadi guntur dan kilat? Apakah ini juga mitos?

Biasanya mencabut TV saat badai mendekat. Sekarang ada banyak perangkat elektronik mahal dan sensitif lainnya di sebagian besar rumah, tetapi banyak pengguna tidak melakukan apa pun untuk melindunginya dari petir, percaya bahwa itu tidak lagi diperlukan. Apakah mereka benar?

Perlindungan lonjakan hanya wajib selama beberapa tahun

Tidak tidak benar. Sejak masa transisi berakhir selambat-lambatnya pada akhir tahun 2018, proteksi lonjakan arus wajib pada bangunan baru, antara lain jika “peralatan tegangan lebih kategori I atau II dipasang pada bangunan”, hal ini dapat diasumsikan pada setiap bangunan tempat tinggal. . Namun, hal ini tidak terjadi pada bangunan tua dan penangkal petir tidak diwajibkan oleh undang-undang.

“Kebanyakan rumah tidak memiliki penangkal petir di atap, yang disebut proteksi petir eksterior, yang mengalihkan energi ke dalam tanah,” Harald Woelffle dari ED Netze mengatakan kepada “layanan energi“. “Jika pemilik memiliki antena parabola yang dipasang di atap, petir kemungkinan akan menyambar parabola terlebih dahulu, yang berfungsi sebagai antena untuk petir. Benda logam semacam itu benar-benar menarik petir dan mengirimkannya ke instalasi rumah. Kemudian hal-hal buruk untuk komputer dan peralatan.”

Perlindungan internal tiga tingkat

Tetapi untuk melindungi perangkat listrik, Anda membutuhkan proteksi petir internal terlebih dahulu. Dia berisik Asosiasi Teknologi Listrik, Elektronik dan Informasi (VDE) dibagi menjadi tiga tahap. Mereka juga disebut perlindungan kasar, sedang dan halus.

Level 1 sesuai dengan apa yang disebut arester surja atau perangkat proteksi surja tipe 1 (SPD 1). Mereka, bisa dikatakan, pertahanan pertama terhadap arus petir yang masuk ke gedung melalui air, data dan jalur lainnya dan biasanya dipasang di depan meteran listrik. Pegangan pelindung kasar Live Allianz Tergantung pada ini, seluruh kandungan energi lampu kilat berkurang dan tegangan sisa yang tersisa dikurangi menjadi kurang dari 1300 hingga 6000 volt.

Perangkat pelindung lonjakan tipe 2, juga disebut arester surja, biasanya digunakan dalam kotak meteran atau yang disebut sub-distributor lainnya. Tingkat perlindungan sedang membatasi tegangan sisa kurang dari 600 hingga 2000 volt.

Perlindungan bangunan saja tidak cukup

Namun, sisa ini masih cukup untuk berpotensi menghilangkan perangkat elektronik. Berisik “Majalah PC“cukup mereka mendukung 500 volt untuk menerima tanda CE wajib. Brosur”Perlindungan tegangan berlebihMenurut prakarsa Elektro+, perangkat elektronik memiliki kekuatan dielektrik setidaknya 1.500 volt untuk catu daya, yang berarti bahwa meskipun ada perlindungan lonjakan arus, mungkin disarankan untuk mencabut perangkat listrik yang berharga saat badai mendekat.

Namun, metode mencabut kabel tidak banyak berguna jika tidak ada orang di rumah pada saat badai. Alternatifnya adalah perangkat perlindungan Tipe 3. Ini biasanya soket ekstensi dengan perlindungan lonjakan arus. Namun, perlindungan halus ini tidak banyak berguna jika tidak ada perlindungan lonjakan level 1 dan 2 yang tersedia. Selain itu, jika terjadi sambaran petir di dekatnya, tegangan yang lebih tinggi dapat muncul daripada yang dapat ditahan oleh strip, meskipun arester surja hulu. Jadi ketika Anda membelinya, Anda perlu memastikan bahwa Anda dapat membuang listrik sebanyak mungkin.

Tarik juga kabel data dan telepon

Jika Anda ingin melindungi perangkat Anda, jangan hanya memikirkan kabel daya. Kabel yang terhubung ke Internet, telepon atau antena juga bisa mematikan. V SAYA oleh karena itu dengan tegas menyarankan, misalnya, untuk mencabut kotak dan aksesori Fritz atau telepon rumah selama badai petir. Sebagai alternatif, Elektro+ merekomendasikan untuk memasang arester surja gabungan khusus untuk teknologi komunikasi di kabinet meteran.

Instalasi fotovoltaik, pompa panas, otomatisasi rumah, dll. juga memerlukan perlindungan lonjakan khusus. Informasi dan saran dalam brosur “Perlindungan tegangan berlebih“.

READ  Vodafone: Saluran TV kabel akan segera ditukar
Written By
More from Hulwi Zafar
Samsung dan IBM merayakan terobosan: Masalah smartphone terbesar akan segera ada dalam sejarah
Samsung Galaxy A52 5G Tahun demi tahun, produsen smartphone di seluruh dunia...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.