Penyaluran BLT Rp 2,4 Juta untuk UMKM Selesai Akhir September, Sudah Daftar?

JAKARTA, KOMPAS.com – Menteri Koperasi dan UKM (Menkop UKM) Teten Masduki menargetkan dapat menyalurkan 100% Bantuan Presiden Produktif (Banpres) atau Bantuan Langsung Tunai (BLT) sebesar Rp 2,4 juta kepada pengusaha mikro pada akhir September 2020.

Ia mengatakan, hingga 3 September 2020, pendistribusian BLT UMKM hanya 61,02 persen dari tujuan yang ditentukan.

“Kami targetkan akhir September sudah 100 persen dan kemarin di tahap V Banpres Productivo sudah disalurkan ke 2.676.057 pengusaha mikro,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Kamis (3/9/2020). ).

Baca juga: Pemerintah mengusulkan subsidi Pertamax jika Premium dan Pertalite dihapuskan

Secara kumulatif dari tahap I sampai dengan V, jumlah pengusaha mikro yang telah menerima BLT UMKM adalah sebanyak 5.591.204 pelaku usaha mikro, dengan total anggaran sebesar Rs 13,4 triliun.

Teten mengatakan, pengusaha mikro masih bisa mendapatkan bantuan ini dengan mengajukan atau mendaftar ke Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten / Kota (Kadiskop UKM) di wilayahnya masing-masing.

Pelaku usaha mikro yang telah mendapat pemberitahuan telah terpilih untuk didampingi diminta untuk segera mendatangi bank dan melakukan konfirmasi atau pencairan.

Pasalnya, jika pengusaha mikro tidak segera sampai ke bank dalam waktu 3 bulan setelah penyerahan dana, pemerintah akan menariknya.

Baca juga: Hari Pelanggan Nasional, PLN menawarkan diskon 75% saat menambah energi ke UMKM

Sementara itu, Hanung Harimba Rachman, Deputi Pembiayaan Kementerian Koperasi dan UKM, mengatakan proses penarikan atau pencairan dana tersebut tidak bisa diwakili oleh siapa pun dan harus sesuai dengan nama yang sudah didaftarkan.

“Pada saat penyerahan nama orang yang akan didaftarkan sudah didaftarkan. Sekarang setelah resmi dinyatakan sebagai penerima bantuan, pengusaha mikro harus mendatangi bank yang ditunjuk dan yang mengambil atau menariknya tidak boleh diwakili sesuai dengan yang ada. di datanya, “katanya.

READ  Cegah rabies, vaksinasi ribuan hewan di Jakarta Pusat

Baca juga: BLT UMKM Rp2,4 juta, pengusaha mikro masih bisa mendaftar

Written By
More from Munir Rad

Rapat umum diadakan di Sacramento menyerukan keadilan bagi Jacob Blake Jr.

Para pengunjuk rasa berbaris dari Cesar Chavez Plaza di pusat kota Sacramento...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *