Pendaki gunung terkenal Spanyol: Sergi Mingote meninggal saat mendaki K2

Pendaki gunung Spanyol yang terkenal
Sergi Mingote meninggal saat mendaki K2

Dalam perlombaan pendakian musim dingin pertama untuk gunung tertinggi kedua di dunia, terjadi kecelakaan: pendaki gunung Spanyol Sergi Mingote jatuh di K2 dan meninggal. Dia dan timnya ingin menjadi orang pertama yang mendaki gunung legendaris di musim dingin.

Pendaki gunung Spanyol yang terkenal Sergi Mingote meninggal selama ekspedisi di K2 yang terkenal. Mingote, 49, jatuh saat turun ke base camp di gunung tertinggi kedua di dunia di wilayah perbatasan China-Pakistan dan melukai kakinya, kata timnya. Dia kemudian pingsan dan jatuh 600 meter. Mingote ingin mendaki K2 dengan ekspedisinya untuk pertama kalinya di musim dingin.

Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez berbicara tentang “kecelakaan tragis”. Mingote ingin “terus menulis sejarah dan berpartisipasi dalam ekspedisi pertama untuk menaklukkan gunung di tengah musim dingin,” tulis Sánchez di Twitter. Sebaliknya, sekelompok pendaki gunung dari Nepal mencapai puncak K2 untuk pertama kalinya di musim dingin pada hari Sabtu. “Satu tim yang terdiri dari sepuluh Sherpa Nepal mendaki K2 sore ini,” kata sekretaris Pakistan Alpine Club (ACP) Karrar Haidri. Mereka berangkat ke puncak pada 1:00 pagi waktu setempat (9:00 malam CET Jumat) dan mencapai puncak pada 16:56.

K2 di dekat perbatasan Pakistan-Cina sangat sulit dengan ketinggian 8.611 meter, bahkan lebih berat daripada Gunung Everest, yang menjulang hampir 8.849 meter dan merupakan gunung tertinggi di dunia. Sejauh ini, itu adalah satu-satunya dari 14 delapan ribu di dunia yang tidak pernah didaki di musim dingin. Penyebabnya termasuk jalan yang curam dan bahaya longsoran salju. Sejauh ini baru sekitar 300 orang yang sudah mendaki K2. 80 orang tewas dalam upaya ini. Pada 2008, sebelas pendaki tewas akibat longsoran salju. Saat ini, 50 pendaki dari seluruh dunia sedang mempersiapkan pendakian musim dingin dalam berbagai ekspedisi internasional.

READ  Setelah Nabi Muhammad, Charlie Hebdo menggambarkan kartun Erdogan yang menjijikkan
Written By
More from Lukman Haq

Sebuah bom mobil meledak di ibu kota Afghanistan, Kabul, menewaskan sedikitnya sembilan wanita dan anak-anak

TRIBUNNEWS.COM, Terima – Sebuah bom mobil yang dikendalikan dari jarak jauh meledak...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *