Ilmuwan sedang bereksperimen dengan gravitasi di tepi lubang hitam M87

Para ilmuwan menggunakan data dari gambar lubang hitam pertama untuk menguji teori tersebut

REPUBLIKA.CO.ID, Jakarta – Sekitar setahun lalu, untuk pertama kalinya umat manusia melihat hal paling misterius di jagat raya yang luas. Untuk pertama kalinya, para astronom menemukan lubang hitam yang tersembunyi di pusat galaksi Mesir 87 (M87) di bagian tergelap alam semesta pada 53 juta tahun cahaya.

Grafik tersebut tidak hanya memberikan informasi kepada para ilmuwan tentang fenomena unik ini, tetapi juga informasi berguna tentang lubang hitam di seluruh kosmos. Sekarang tim astronom menggunakan gambar-gambar ini tidak hanya untuk mempelajari lubang hitam yang sangat besar, tetapi juga menggunakan distorsi ruang untuk menguji teori gravitasi.

Penemuan dalam studi tersebut dirinci dalam makalah yang diterbitkan minggu lalu Jurnal Astrofisika. Gambar pertama M87, diambil dari lubang hitam, dikumpulkan menggunakan antena radio di seluruh dunia menggunakan Inventory Horizon Telescope (ECT), yang mengumpulkan informasi terbesar di M87.

Gambar yang dihasilkan menunjukkan gas panas dan puing-puing yang beredar di sekitar cakrawala peristiwa lubang hitam, wilayah yang langsung dikelilingi oleh lubang hitam di mana tidak ada yang bisa lolos. Lubang hitam besar di pusat Galaxy M87 berukuran 6,5 miliar kali lebih besar dari Matahari.

Gas panas yang beredar di sekitar lubang hitam terlihat seperti cincin cahaya. Titik hitam di tengah menangkap cahaya apa pun yang paling dekat dengannya, jadi lubang hitam adalah bayangan. Dengan menggunakan analisis bayangan lubang hitam, tim di balik studi baru ini dapat memeriksa teori umum Einstein.

Air terjun Pada tahun 1915, fisikawan terkenal meramalkan bahwa benda besar akan merusak ruang dan waktu di sekitarnya. Gravitasi lubang hitam besar berfungsi sebagai kaca pembesar yang memantulkan sisa hari itu dan membuat bayangan lubang hitam lebih realistis. Para peneliti di balik studi baru ini mengukur teori Einstein dan menemukan bahwa distorsi ini benar.

READ  Tempat yang aman untuk sampel batuan di Australia

Ini hanyalah permulaan dan kami telah menunjukkan bahwa ini dapat digunakan sekarang Gambar lubang hitam Untuk menguji konsep gravitasi, ‚ÄĚkata Leah Mediros, seorang peneliti di Institute for Higher Research dan penulis utama. dan sebaliknya, Senin (5/9).

Ini adalah pertama kalinya gravitasi diuji di tepi lubang hitam. Konsep Relatif Umum Einstein Itu tetap benar bahkan dalam keadaan terburuk. Eksperimen ini akan menjadi lebih kuat setelah kita mengambil gambar tambahan dengan galaksi kita sendiri dan teleskop tambahan dengan lubang hitam.

Studi terbaru tidak hanya memberikan cara baru untuk menguji teori gravitasi, tetapi juga membantu para ilmuwan lebih memahami sifat dan evolusi lubang hitam. Ini memungkinkan mereka untuk menghubungkan informasi yang dikumpulkan dari gambar lubang hitam dengan tes gravitasi lainnya.

Written By
More from Hulwi Zafar

Sepi pasar, pemerintah China berada di belakang Alibaba, harga saham langsung anjlok

Contoh. Pemerintah China telah melakukan penyelidikan terhadap tersangka grup Alibaba. REUTERS /...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *