Dia menemukan orbit yang tidak biasa, planet luar menjadi sangat panas

Viva – Planet Di luar wilayah kita Dia ditemukan dengan beberapa properti aneh. Ini karena benda-benda luar angkasa memiliki temperatur yang sangat panas dan orbit yang aneh. Planet ini sudah ada sejak 2018 dan diberi nama WASP-189b. Jari-jari Jupiter adalah 1,6 kali.

European Space Agency (EAA) kemudian menerima temuan terbaru tentang WASP-189b. Alhasil, planet tersebut bersuhu 3.200 derajat Celcius. Pada suhu ini, logam dapat diubah menjadi gas.

Baca Wah, planet yang dihuni alien ini terbuat dari berlian

Saat ESA meluncurkan CHEOPS April lalu untuk melakukan observasi ilmiah, semuanya dimulai. Pengamatan Cheps menunjukkan bahwa WASP-189b mengorbit bintang, yang setara dengan 2,7 hari Bumi.

Ini membuat planet terlalu panas untuk terlihat biru. “Moncal Lendel adalah salah satu dari sedikit planet yang dikenal mengorbit bintang yang begitu panas dan cerah,” kata seorang astrofisikawan di Universitas Jenewa di Swiss. Tempat, Senin, 5 Oktober 2020.

Ia mengatakan planet ini sangat pendek pada siang hari karena jaraknya yang pendek dari matahari. Dengan cara ini, menurut Lendell, cahaya yang “hilang” dapat diukur “WASP-189b” saat melewati bintang.

Lendell menjelaskan bahwa panas di planet ini diciptakan dengan menyerap cahaya dari matahari. Planet tampaknya tidak memantulkan banyak cahaya dari bintangnya. Namun dia mengatakan bahwa sebagian besar cahaya bintang diserap oleh planet-planet dan membuat planet menjadi lebih terang.

READ  Lihat Komet C / 2020 M3, yang mendekati Bumi malam ini
Written By
More from Hulwi Zafar

15 orang tewas dalam banjir terparah di Indonesia dalam 50 tahun

Jakarta. Dalam banjir besar di pulau Kalimantan, sedikitnya 15 orang tewas, menurut...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *