Abu menggelapkan langit lagi: gunung berapi melumpuhkan lalu lintas udara di La Palma

Abu menggelapkan langit lagi
Gunung berapi lumpuhkan lalu lintas udara di La Palma

Gunung berapi La Palma masih menjadi neraka bagi penduduk pulau. Massa lava menghancurkan total 2.600 bangunan dan menggusur 7.000 orang. Sekarang semua penerbangan harus dibatalkan lagi karena pusaran abu vulkanik.

Letusan gunung api Cumbre Vieja di La Palma yang berlangsung selama dua bulan kembali melumpuhkan lalu lintas udara di Kepulauan Canary. Menurut juru bicara bandara, semua 20 penerbangan harus dibatalkan karena abu vulkanik. La Cumbre Vieja berjarak 15 kilometer sebelah barat bandara.

Gunung berapi meletus pada 19 September untuk pertama kalinya dalam 50 tahun. Lava dalam jumlah besar mengalir ke laut dan menghancurkan lebih dari 1.000 hektar tanah dan sekitar 2.600 bangunan. Sekitar 7.000 orang harus meninggalkan rumah mereka karena bencana alam. Pihak berwenang memperkirakan kerusakan sementara pada hari Jumat di hampir 900 juta euro.

Selama kunjungannya ke La Palma pada hari Jumat dan Sabtu, Perdana Menteri Spanyol Pedro Sánchez mengumumkan bantuan baru untuk ekonomi dan infrastruktur pulau itu. Pariwisata dan budidaya pisang adalah salah satu cabang terpenting ekonomi La Palma, di mana sekitar 85.000 orang tinggal.

READ  Kritik terhadap putusan ECJ tentang pencatatan jam kerja militer
Written By
More from Lukman Haq
Terungkap bahwa Trump telah memainkan film “Home Alone” karena dia memaksanya untuk menutupi semua halaman
Washington DC, Kompas dot com – Presiden ke-45 Amerika Serikat ( SEBAGAI)...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *