Skandal emisi belum berakhir: Winterkorn mengancam akan mendapat masalah dengan gugatan SDK

Skandal emisi belum berakhir
Winterkorn mengancam masalah dengan gugatan SDK

Dalam skandal emisi VW, mantan CEO Winterkorn dan mantan bos Audi Stadler melakukan hal yang relatif ringan – mereka harus melepaskan jutaan bonus, tetapi asuransi menanggung kerusakan besar. Komunitas investor SD menginginkan prosedur baru terhadap pengelola.

Perlawanan hukum terbentuk terhadap penyelesaian yang diputuskan oleh pemegang saham VW dalam skandal diesel dengan mantan CEO Martin Winterkorn dan mantan bos Audi Rupert Stadler. Schutzgemeinschaft der Kapitalanleger (SdK) menentang keputusan rapat umum dan, menurut informasinya sendiri, telah mengajukan pengaduan ke pengadilan regional di Hanover, seperti yang diumumkan asosiasi investor.

SDK mengeluh bahwa dibandingkan dengan dua mantan eksekutif senior, Volkswagen ingin mengakhiri tanggung jawab perdata anggota dewan direksi dan pengawas dalam skandal jutaan manipulasi gas buang, meskipun itu persis kerusakan belum dapat diperkirakan. Fakta belum ditentukan secara meyakinkan, juga tidak dapat diperkirakan sanksi apa, misalnya di Amerika Serikat, akan dikenakan pada Volkswagen dan mantan anggota dewannya.

SDK juga mengkritik fakta bahwa Winterkorn dan Stadler diminta untuk membayar, tetapi sebagian besar karena mereka tidak menerima hadiah luar biasa. Pada pertemuan bulan Juli mereka, para pemegang saham menyetujui oleh mayoritas besar penyelesaian yang dinegosiasikan dengan Winterkorn, Stadler dan dua mantan anggota dewan direksi lainnya. Jadi, Winterkorn membayar 11,2 juta euro, Stadler 4,1 juta. 270 juta euro berasal dari asuransi kewajiban (D&O) yang diambil Volkswagen untuk manajemen.

Lebih dari 90 persen saham biasa dipegang oleh keluarga induk Porsche SE, negara bagian Lower Saxony dan emirat Qatar. Berurusan dengan skandal emisi sejauh ini telah merugikan produsen mobil yang berbasis di Wolfsburg lebih dari € 32 miliar. Pemilik utama VW, Porsche SE, juga menghadapi gugatan pemegang saham di Amerika Serikat atas skandal diesel.

READ  Opel dukung korban banjir: Mobil gratis untuk korban | Hidup & Pengetahuan
Written By
More from Hulwi Zafar
Ada sekitar 300 juta planet NASA
Jakarta: Badan Penerbangan dan Antariksa Nasional (NASA) mengumumkan ada 300 juta planet...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *