Sisa-sisa mammoth Siberia: peneliti menemukan jejak DNA berusia jutaan tahun

Dari gigi mammoth di permafrost Siberia, para peneliti telah mengekstraksi jejak DNA tertua yang tersedia untuk sains dalam sejarah. “DNA ini sangat tua,” kata Love Dalén dari Pusat Paleogenetika di Stockholm. “Sampelnya seribu kali lebih tua dari sisa-sisa Viking dan berasal dari masa sebelum manusia dan Neanderthal.” Hasil studi tersebut dipublikasikan Rabu dalam edisi terbaru jurnal “Nature”.

Secara total, ada tiga penemuan mammoth, salah satunya berusia sekitar 800.000 tahun dan dua lainnya berusia lebih dari satu juta tahun. Ini berarti mereka jauh di belakang penemuan DNA tertua hingga saat ini, yang berasal dari seekor kuda dan berusia 560.000 hingga 780.000 tahun.

Di satu sisi, mammoth yang sedang diperiksa adalah dua mammoth stepa yang hidup lebih dari satu juta tahun yang lalu. Mammoth ketiga adalah salah satu mammoth berbulu wol pertama yang pernah ditemukan.

Para peneliti menggunakan sampel DNA kecil dari materi genetik yang diperoleh dari gigi hewan. Dalén membandingkannya dengan “sejumput garam di piring Anda”. Para peneliti berhasil mengurutkan jutaan pasangan basa dari sampel kecil ini.

  • Mammoth tertua disebut Krestovka dan bahkan mungkin berumur 1,65 juta tahun.

  • Mammoth kedua, Adycha, berumur 1,34 juta tahun yang lalu,

  • yang termuda, Chukochya, berusia 870.000 tahun. Namun, Dalén mengklarifikasi bahwa ada ketidakjelasan dalam penanggalan DNA Krestovka.

Dengan membandingkan genom dengan gajah Afrika, induk mamut modern, para peneliti dapat merekonstruksi bagian-bagian genom mamut. Genom Krestovka menunjukkan bahwa ini adalah garis genetik yang sebelumnya tidak diketahui. Itu bisa saja berasal dari mammoth lain dua juta tahun lalu dan mengarah ke mammoth ini yang hidup di Amerika Utara.

Di Siberia, kondisi Zaman Es dan periode panas dan lembab mengikuti. Karena perubahan iklim, lapisan es mencair dan saat ini melepaskan lebih banyak sisa-sisa mammoth, jelas Dalén. Dia optimis bahwa di masa depan jejak DNA yang lebih tua dapat diperoleh dari permafrost, sejak 2,6 juta tahun yang lalu.

Ikon: Cermin

READ  Jadi yang menarik, dari mana sebenarnya pemerintah Thailand itu? Semua halaman
Written By
More from Lukman Haq

Video viral seorang pria yang memukuli istrinya di pinggir jalan di kota Suez, China

SHUOZHOU, KOMPAS.com – Seorang pria yang berniat membunuh istrinya Di pinggir jalan,...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *