Puncak Hujan Meteor Leonid 17-18 November 2023: Jadwal dan Cara Mengamati – SAMOSIR News

Puncak Hujan Meteor Leonid 17-18 November 2023: Jadwal dan Cara Mengamati – SAMOSIR News

Hujan Meteor Leonid Dapat Disaksikan Malam Ini

Samosir – Pada pertengahan November 2023, fenomena alam yang menarik, yaitu hujan meteor Leonid, akan terjadi. Tidak hanya para detikers yang tertarik, tetapi juga para pencinta astronomi di seluruh dunia.

Hujan meteor Leonid telah dimulai sejak 3 November dan diperkirakan akan berlangsung hingga 2 Desember mendatang. Namun, puncak hujan meteor ini akan terjadi malam ini, dari Jumat (17/11) hingga Sabtu (18/11) subuh.

Pengamat astronomi dari China menyebut fenomena ini sebagai “bintang yang jatuh bak hujan” karena keindahannya. Hujan meteor ini menampilkan sekitar 15 meteor setiap jam dengan kecepatan mencapai 71 km per detik.

Leonid adalah salah satu hujan meteor tertua yang pernah tercatat dalam sejarah. Hujan meteor pertama kali terlihat pada tahun 902. Oleh karena itu, fenomena ini memiliki nilai sejarah yang sangat penting.

Waktu puncak hujan meteor Leonid 2023 akan terjadi pada Jumat-Sabtu, 17-18 November 2023, mulai pukul 00.21-05.00 WIB. Fenomena ini dapat disaksikan di seluruh belahan bumi utara dan selatan, termasuk di Indonesia.

Untuk mendapatkan pengalaman menonton yang lebih baik, disarankan untuk mencari lokasi yang gelap dan minim polusi cahaya, menggunakan planisphere atau peta bintang, dan melihat saat hujan meteor mencapai puncaknya. Semakin minim cahaya di sekitar, semakin banyak meteor yang bisa dilihat.

Jadi, jangan lewatkan fenomena alam yang indah ini. Persiapkan diri Anda untuk menikmati keindahan hujan meteor Leonid malam ini.

READ  Ada Banyak Hujan Meteor, 10 Fenomena Langit Sepanjang Desember 2023 - SAMOSIR News
Written By
More from Lukman Haq
Koresponden BBC meninggalkan China untuk alasan keamanan
Seorang koresponden Cina untuk penyiar Inggris BBC meninggalkan negara itu karena khawatir...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *