Meta Menghapus Profil Pengenalan Wajah Dari Facebook | heise online

“Kami akan menghapus model pengenalan wajah individu untuk lebih dari satu miliar orang,” janji Jérôme Pesenti. Dia mengepalai departemen Artificial Intelligence (AI) Meta (sebelumnya Facebook). Kelompok itu secara bertahap tergelincir ke dalam krisis yang dalam – begitu dalam sehingga seluruh kelompok bahkan berganti nama. Aktivis hak-hak sipil selalu mengkritik keras pengenalan wajah Meta. Foto dan video yang diunggah telah dievaluasi tanpa persetujuan tertulis dari orang yang bersangkutan.

Jika Anda tidak ingin dilacak, tetapi masih ingin menggunakan produk Metas, Anda harus mencari di pengaturan untuk mematikan pengenalan wajah. Legalitas praktik ini telah menjadi kontroversi sejak dimulainya pengenalan wajah otomatis di Facebook pada 2010. Di Eropa, Facebook telah mengenali wajah sejak pertengahan 2011.

Pada tahun yang sama, Johannes Caspar, kepala perlindungan data di Hamburg, membuka kasus terhadap Facebook. Namun setahun kemudian, kasus pengenalan wajah Facebook ditunda. Karena Otoritas Perlindungan Data Irlandia yang paling bertanggung jawab.

Aktivis perlindungan data Austria Max Schrems, yang saat itu seorang mahasiswa hukum, menelepon pihak berwenang Irlandia. Dalam langkah yang tampaknya tidak masuk akal, pihak berwenang kemudian memerintahkan negosiasi antara Facebook dan mahasiswa Wina itu.

Pada saat itu, Facebook mengklaim bahwa pengguna akan menyetujui “semuanya” ketika mereka pertama kali mendaftar, termasuk pemindaian biometrik wajah mereka. Perusahaan data tidak pernah dapat secara meyakinkan menjelaskan bagaimana pihak ketiga harus menautkan apa yang dapat dilihat di foto yang diunggah. Tahun ini, Facebook harus membayar setiap pengguna di negara bagian Illinois AS $ 350 sebagai kompensasi untuk pengenalan wajah yang tidak diminta, total $ 650 juta.

READ  Biden & Poutine di Jenewa: dimulainya KTT pada pukul 1 siang.

Facebook awalnya meminjam algoritme yang diperlukan dari perusahaan rintisan Israel Face.com, sebelum Facebook segera membeli teknologi pengenalan wajah, termasuk perusahaan rintisan. Sistem pengenalan wajah otomatis akan dinonaktifkan di seluruh grup “dalam beberapa minggu mendatang”.

Karena setelah lebih dari satu dekade, pembuat undang-undang dan otoritas perlindungan data perlahan mulai berjalan. Dan Meta, yang mengira dia baru saja pulih dari skandal Cambridge Analytica, tergelincir ke dalam krisis yang lebih dalam setelah pengungkapan lebih lanjut. Whistleblower mengatakan Facebook tidak sesuai dengan demokrasi.

Meta membutuhkan kabar baik. Sekarang datang setelah penghapusan 1.300 akun propaganda pemerintah Nikaragua di Facebook sesaat sebelum pemilihan pengumuman penghapusan profil pengenalan wajah.

“Ini adalah bagian dari pembatasan seluruh perusahaan pada penggunaan pengenalan wajah di semua produk kami,” kata Pesenti di Twitter. “Itu bukan keputusan yang mudah karena ada banyak tempat di mana pengenalan wajah sangat membantu orang-orang di Facebook. Tapi kami harus mempertimbangkannya dengan meningkatnya kekhawatiran publik tentang pengenalan wajah di komunitas mereka. Bersama-sama. Regulator juga selalu bekerja pada aturan yang jelas untuk teknologinya. Jadi kami membatasi penggunaannya pada area yang sempit.”

Meta tidak sepenuhnya mengabaikan pengenalan wajah. Meta ingin terus menilai wajah secara biometrik untuk membuka kunci perangkat, melawan penipuan dan anggapan identitas atau untuk identifikasi untuk mengakses akun yang diblokir. Adapun bidang aplikasi lainnya, debat terbuka diperlukan, yang ia nantikan, kata Pesenti.

Menonaktifkan pengenalan wajah untuk pengguna Facebook yang buta dan tunanetra memiliki kelemahan. Teks alt yang dibuat secara otomatis untuk gambar tidak lagi dapat membedakan siapa yang mirip yang difoto. Pada saat yang sama, tidak ada pemberitahuan otomatis dari pengguna Facebook jika mereka terlihat di foto yang diunggah orang lain. Meta ingin mendorong pengguna untuk memasukkan secara manual siapa yang dapat dilihat di foto dan video mana. Meta tentu saja selalu tertarik untuk mengumpulkan data.

READ  Hitungan mantra sedang berlangsung: Inggris sedang menunggu Skotlandia


(ds)

Ke halaman rumah

Written By
More from Lukman Haq
Spanyol: seorang wanita yang ditukar ketika dia masih bayi menginginkan kompensasi 3 juta – Panorama
Menurut laporan media, seorang wanita Spanyol berusia 19 tahun menggugat otoritas kesehatan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *