Mayoritas di parlemen untuk pemerintahan baru Israel

EMayoritas kecil anggota parlemen Israel memilih pemerintah baru pada hari Minggu. Setelah perdebatan sengit, 60 dari 120 anggota Knesset memilih aliansi delapan partai yang dipimpin oleh sayap kanan Naftali Bennett dari sayap kanan Jamina dan Jair Lapid dari Partai Masa Depan. 59 suara menentang, ada satu yang abstain. Ini berarti akhir sementara dari era Perdana Menteri konservatif sayap kanan Benjamin Netanyahu.

Selama perjanjian rotasi, Naftali Bennett (49) pertama akan menjadi Perdana Menteri dan setelah dua tahun ia akan digantikan oleh Jair Lapid (57) dari partai moderat di masa depan. Pemerintah baru akan memiliki 27 menteri. Mickey Levy dari Partai Masa Depan terpilih sebagai Ketua Parlemen.

Pidato pembukaan Bennett sangat terganggu oleh ejekan marah berulang dari anggota kubu Netanyahu. Bennnett telah berbicara menentang kembalinya kesepakatan nuklir internasional dengan Iran. Dia memperingatkan Islamis Hamas, yang menguasai Jalur Gaza, dari sebuah “tembok besi” jika lagi menyerang sasaran di Israel. Di bawah kepemimpinannya, Israel akan bekerja menuju pemulihan hubungan dengan negara-negara Arab lainnya. Sementara itu, Hamas mengumumkan kelanjutan perjuangan bersenjata melawan Israel.


Pemerintah baru Israel terdiri dari delapan partai kanan-ke-kiri, termasuk Islam konservatif Raam. Ini adalah pertama kalinya dalam sejarah Israel bahwa sebuah partai Arab menjadi bagian dari pemerintah. Partai Jamina Bennett, di sisi lain, dipandang bersahabat dengan para pemukim, yang dapat mempersulit kerja sama di masa depan. Bennett juga merupakan kepala pemerintahan Israel pertama yang menjadi anggota kamp keagamaan nasional dan mengenakan kippah.

READ  Disiksa dalam penahanan: Jurnalis DW dihukum di Belarusia
Written By
More from Lukman Haq

Bali menjadi tujuan bulan madu nomor satu di dunia

KOMPAS.com – Ada kabar baik untuk pariwisata Indonesia Selama epidemi Covi-19. Melaporkan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *