Mantan Wakil Presiden AS Walter Mondale sudah meninggal

Dalam pertempuran untuk presiden eksekutif AS, dia mengalami kekalahan melawan Ronald Reagan. Namun, sebagai wakil presiden, dia menjadi ikon kaum Liberal. Walter Mondale meninggal pada usia 93 tahun.

Mantan Wakil Presiden AS Walter F. “Fritz” Mondale meninggal Senin, seperti yang diumumkan keluarganya dalam sebuah pernyataan. Mondale berusia 93 tahun. Belum jelas kematian senator dan duta besar itu.

Mondale adalah Wakil Presiden Amerika Serikat dari 1977 hingga 1981 dan bekerja bersama Gedung Putih saat itu Presiden Amerika Jimmy Carter. Dia adalah wakil presiden pertama yang memiliki kantor sendiri di Gedung Putih – dan merevolusi posisi wakil presiden sebagai penasihat presiden. Partai Demokrat berkampanye untuk kelompok-kelompok yang terpinggirkan dan program-program kesehatan, menjadikannya ikon kaum liberal di Amerika Serikat.

Pada tahun 1984 ia menjadi calon presiden dari Demokrat terpilih. Di sisinya, Geraldine Ferraro, adalah wanita pertama yang mencalonkan diri sebagai wakil presiden. Tapi Mondale dikalahkan oleh petahana saat itu Ronald reagan. Pada saat itu, Mondale mengatakan tentang kehilangannya: “Saya melakukan yang terbaik.” Dia menjadi berita utama kampanye pemilu karena dia mengumumkan kenaikan pajak bagi para pemilih jika mereka memenangkan pemilu.

CARTER: Mondale, “wakil presiden terbaik” dalam sejarah Amerika

Mondale lahir 5 Januari 1928 dari seorang pendeta Metodis dan guru musik di Ceylon, Minnesota, AS. Dari 1960 hingga 1964, dia adalah Jaksa Agung Minnesota. Dari tahun 1964 hingga 1976, ia mewakili negara bagian asalnya di Senat. Pada 1993, Mondale menjadi Duta Besar AS untuk Jepang di bawah Presiden Bill Clinton.

Presiden AS Joe Biden, yang telah dibimbing oleh Mondale selama bertahun-tahun, mengatakan pada 2015 bahwa mantan wakil presiden telah memberinya “peta jalan” untuk berhasil menduduki jabatannya. Mantan Presiden Carter mengeluarkan pernyataan setelah kematian Mondale, di mana dia menggambarkannya sebagai “wakil presiden terbaik dalam sejarah negara.”

READ  Nicola Sturgeon: Perdana Menteri Skotlandia membantah tuduhan tersebut
Written By
More from Lukman Haq

Thai King Concert Cinema Sex Pictures Publik

Bangkok, Compass.com – Foto– Foto Seksual Selir Pemerintah Thailand, Tanda tangan “Koi”...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *