Inilah sebabnya mengapa memori hard disk lebih kecil dari yang ditentukan

Inilah sebabnya mengapa memori hard disk lebih kecil dari yang ditentukan

Kemasan disk mengatakan penyimpanan 1 terabyte – tetapi komputer mengklaim hanya ada 931 gigabyte. Jadi, apakah komputer melakukan kesalahan atau apakah pabrikan menipu ukuran penyimpanan hard drive? Tidak juga! TECHBOOK menjelaskan kebingungan memori.

Siapa pun yang pernah membeli hard drive atau komputer eksternal mungkin telah memperhatikan bahwa ruang penyimpanan yang ditentukan pada kemasan tidak selalu sesuai dengan ruang sebenarnya pada drive – seringkali lebih sedikit puluhan gigabyte ( GB). Dalam kasus terabyte, ini sekitar 931 GB, tetapi memori yang dinyatakan memiliki memori 500 GB sebenarnya hanya memiliki 465 gigabyte. Tapi mengapa seperti ini? TECHBOOK menjelaskan apa itu jumlah penyimpanan bengkok.

Komputer penting berbeda dari orang

Alasan perbedaannya terletak pada cara komputer memproses angka: kita terbiasa menghitung dengan puluhan. 10, 100, 1000 – sistem bilangan kita adalah desimal. Komputer bekerja secara berbeda karena dasarnya terdiri dari satu dan nol, hidup dan mati. Oleh karena itu, sistem bilangannya adalah biner, yaitu berdasarkan dua digit. Dengan susunan 0 dan 1 yang berbeda, semua angka lainnya dapat direpresentasikan. A 2 dalam notasi biner menjadi 10. Sebaliknya, A 6 adalah 110. Hal ini disebabkan sistem bilangan biner, di mana pangkat 2 selalu terbentuk. Dengan kata lain, bilangan sebelumnya diambil dikalikan 2. Sederhananya, sistem bilangan biner dapat menghasilkan larik seperti ini:

Komputer hanya dapat menghitung dalam pangkat dua. Untuk menampilkan angka desimal kita, komputer harus mengaktifkan pangkat dua dengan 1. Semua pangkat dua yang menghasilkan 0 dikeluarkan dari perhitungan. Untuk menerjemahkan 18 menjadi kode biner, 16 dan 2 dengan kode 1 diaktifkan. Semua pangkat dua lainnya mendapatkan kode 0. Ini memberikan kode biner 10010. Sebaliknya, A 300 memiliki kode biner 100101100.

READ  Cyberpunk 2077: Tidak ada lagi pembaruan atau DLC tahun ini

Jadi cara kita menghitung bit dan byte sama sekali tidak berlaku untuk sistem biner, karena ketika Anda menggunakan istilah kilo, mega, dan giga, maksud Anda seribu kali lipat. Sama seperti satu kilogram sama dengan 1000 gram. Masalahnya: Satu gigabyte bukanlah seribu kali satu megabyte – satu gigabyte persis sama dengan 1024 megabyte. Jadi 24 lebih dari 1000. Jadi memori hard disk lebih kecil dalam perhitungan komputer.

Perhitungan biner membuat memori hard disk lebih kecil

Kelebihan ini bertanggung jawab atas fakta bahwa apa yang tertera pada kemasan dan gigabyte sebenarnya pada awalnya terlihat berbeda. Karena banyak pabrikan mengartikan giga secara harfiah dan memproduksi hard drive dengan ukuran sebenarnya 500 gigabyte dan karenanya 500.000 megabyte. Tetapi jika dibutuhkan 1024 megabyte untuk mengisi satu gigabyte, 500.000 MB halus tidak cukup untuk 500 GB, tetapi hanya mencapai 465 gigabyte “nyata” untuk komputer. Jadi, komputer menampilkan memori yang lebih kecil – ini berbeda dalam representasi gigabyte notasi biner… Namun, kapasitas memori tidak kurang, tetapi dihitung secara berbeda tergantung pada tampilan desimal atau biner.

Baca juga : 6 Hard Drive Eksternal Terbaik untuk Pencadangan Data

Oleh karena itu, informasi yang diberikan oleh pabrikan tidak salah. Satu-satunya masalah adalah sulit untuk mendefinisikan satuan berdasarkan sistem bilangan biner dengan awalan seperti mega-, giga- atau peta-, karena ini didasarkan pada puluhan sistem desimal.

Written By
More from Munir Rad
Dalam Sidang PBB, Menteri Luar Negeri RI Mengutuk Israel dan Menolak Pengusiran Paksa Penduduk Gaza – SAMOSIR News
Menteri Luar Negeri RI, Retno LP Marsudi, mengungkapkan kecaman dan penolakan terhadap...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *