Gunung berapi Sinabung meletus di Indonesia

Gunung berapi Sinabung di Pulau Sumatera kembali aktif sejak akhir pekan lalu. Bahkan hari ini, kolom abu yang mengancam naik bermil-mil ke langit.

Gunung berapi Sinabung meletus di pulau Sumatera, Indonesia. Kolom abu naik dari kawah lebih dari tujuh kilometer ke langit pada hari Senin, seperti yang diumumkan pihak berwenang di negara bagian pulau itu.

Sinabung kembali aktif sejak akhir pekan lalu. Pada hari Sabtu, dia telah membuang abu setinggi lebih dari 4.000 meter. Di banyak tempat di sekitar gunung berapi di Sumatera Utara, terdapat lapisan abu tebal di jalan, rumah dan mobil. Pada awalnya, tidak ada korban jiwa atau cedera yang dilaporkan.

Video-video impresif dari massa gelap asap dapat dilihat di media sosial. Orang-orang dari desa sekitarnya memandang dengan cemas ke arah gunung berapi. “Masyarakat disarankan untuk berada dalam jarak tiga kilometer dari puncak,” kata Otoritas Geologi Indonesia. Tingkat siaga tertinggi ketiga selalu berlaku.

Sinabung, tinggi 2.460 meter, terletak 50 kilometer barat daya ibu kota Medan. Setelah diam selama berabad-abad, epidemi berulang sejak 2010. Puluhan ribu orang harus dibawa ke tempat aman. Lebih dari 20 orang tewas dalam letusan yang sangat parah pada tahun 2014 dan 2016.

Lebih dari 17.000 pulau di Indonesia terbentang di sepanjang lempeng benua Indo-Australia dan Eurasia dan dengan demikian membentuk “Cincin Api” – jumlah gunung berapi aktif terbesar di dunia.

© dpa-infocom, dpa: 200810-99-110524 / 2

READ  Promosi Indorate Akhir Pekan Lalu, 28 Oktober - 3 November 2020!
Written By
More from Hulwi Zafar

Halloween, NASA merilis daftar suara kosmik yang menakutkan

Jakarta, CNN Indonesia – Administrasi Penerbangan dan Antariksa Nasional Amerika SerikatNASA) Dirilis...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *