Gempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda Jakarta

EGempa berkekuatan 7,4 skala Richter melanda ibu kota Indonesia, Jakarta, dan memicu peringatan tsunami di beberapa bagian pulau Jawa dan Sumatera. Gempa terjadi sekitar pukul 7 malam waktu setempat pada Jumat malam, seperti yang diumumkan lembaga geofisika negara itu. Media melaporkan kepanikan di antara warga sebuah bangunan tempat tinggal di Jakarta. Mereka jatuh ke jalan saat gedung pencakar langit bergoyang dan suara gemerisik terdengar. Awalnya, tidak ada yang diketahui tentang kerusakan atau korbannya.

Jakarta terletak di pesisir barat laut pulau Jawa. Pusat gempa berada di 147 kilometer barat daya Sumur, Provinsi Banten, Jawa Barat. Menurut laporan, gempa terjadi di kedalaman sepuluh kilometer.

Indonesia, seperti Filipina dan Australia, terletak di atas apa yang disebut cincin api berbentuk tapal kuda yang membentang di sekitar Samudra Pasifik. Ada gunung berapi yang tak terhitung jumlahnya dan ribuan gempa bumi yang sebagian besar lebih kecil setiap tahun. Mereka dipicu oleh pergerakan lempeng tektonik yang bertabrakan dengannya.

Gempa bumi hebat dari Juli

Gempa bumi hebat melanda Australia, Indonesia, dan Filipina pada pertengahan Juli dengan kekuatan antara 5,5 dan 7,2. Menurut pihak berwenang, dua perempuan tewas akibat reruntuhan rumah mereka di utara Maluku, yang merupakan milik Indonesia.

Pada 26 Desember 2004, gempa bumi berkekuatan 9,1 di lepas pantai Sumatera memicu tsunami besar yang menewaskan sekitar 230.000 orang di sekitar Samudera Hindia.

READ  Apakah itu semua Juventus pada masanya? AC Milan kemungkinan tidak akan meraih Scudetto musim ini
Written By
More from Naji Farid

Ada yang aneh dengan kematian Diego Maradona

Senin, 30 November 2020 – 08:14 WIB Membawa peti mati legendaris Diego...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *