Cegah rabies, vaksinasi ribuan hewan di Jakarta Pusat

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPKP) Jakarta Pusat juga membagikan bola kepada pemilik lebih dari 10 hewan peliharaan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Dinas Keamanan Pangan, Maritim, dan Pertanian (KPKP) Jakarta Pusat telah memvaksinasi 1.968 hewan untuk mencegah penularan virus rabies dari hewan peliharaan ke manusia.

Jadi ini sebenarnya vaksinasi gratis dan rutin yang diulang setahun sekali. Nanti kita lakukan hal serupa pada Agustus 2021, kata Suharini Ellyawati, Ketua (Plt) Sudin KPKP Pusat Jakarta, saat ditemui di Community Hall RW 003, Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Senin, usai menerapkan vaksin terhadap 58 hewan penular rabies (HPR).

Rinciannya, ada 55 kucing dan 3 anjing warga Kelurahan Menteng yang telah mendapatkan manfaat vaksin rabies gratis dari Sudin KPKP Jakarta Pusat, Senin ini. Sudin Komisi Pemberantasan Korupsi (KPKP) Jakarta Pusat juga telah melakukan pemberian vaksin rabies dengan sistem pengumpulan balon untuk warga dengan lebih dari 10 hewan peliharaan.

“Kita juga pakai sistem pengumpulan bola, jadi penghuni yang punya hewan peliharaan maksimal 10. Kita yang datang ke rumahnya, mungkin sulit membawa banyak hewan ke satu titik,” ujar perempuan yang akrab disapa Elly ini. .

Dari 1.968 ekor hewan yang divaksinasi rabies oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPKP) Jakarta Pusat, terdapat 618 ekor anjing, 1.337 kucing, 8 kera dan 5 musang dari tiga kecamatan yaitu Kecamatan Senen, Kabupaten Tanah Abang dan Kabupaten Menteng.

Memang jumlah hewan tersebut jauh dari pencapaian tahun 2019 yang mencapai 6.190 hewan yang telah divaksinasi rabies, hal ini disebabkan dampak pandemi Covid-19.

“Karena pandemi, selama tiga bulan dari Maret hingga Mei kami tidak melakukan kegiatan vaksinasi rabies akibat PSBB. Makanya angkanya jauh dari tahun lalu, tapi saat ini kami sedang memburu hewan yang jadwalnya vaksinasi ulang telah terlewat, “kata Elly.

READ  Kenali penurunan berat badan yang drastis sebagai gejala kanker

sumber: Antara

Written By
More from Munir Rad

Seringkali melupakan itu tidak normal

JAKARTA, Investor ID – Kepikunan sering dianggap umum di kalangan lansia, sehingga...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *