Wartawan Rusia akan membayar denda 30.000 rubel setelah protes

Moskow. Marina Ovsyannikova telah dijatuhi hukuman oleh pengadilan Moskow setelah protes sensasionalnya di televisi pemerintah Rusia menentang perang di Ukraina. Dia harus membayar denda 30.000 rubel (sekitar 260 euro). Putusan itu muncul karena Ovsyannikova menyerukan protes terhadap perang pemimpin Kremlin Vladimir Putin di Ukraina dalam sebuah video, portal hak-hak sipil OWD-Info melaporkan pada hari Selasa.

+++ Semua perkembangan perang melawan Ukraina di blog langsung +++

Pada awalnya, ada kekhawatiran bahwa penerbit dapat dihukum berdasarkan undang-undang baru yang kontroversial karena mencemarkan nama baik militer Rusia. Ada risiko hingga 15 tahun penjara.

Jurnalis terkemuka Rusia Alexei Venediktov sebelumnya memposting foto Marina Ovsyannikova dengan pengacaranya Anton Gaschinsky di gedung pengadilan di saluran Telegram pada hari Selasa.

Video

Demonstrasi di televisi pemerintah Rusia: seorang karyawan menyela siaran langsung dengan poster anti-perang

Pada Senin malam, dia mengangkat tanda selama siaran langsung dan berteriak “Hentikan perang”. Rupanya dia adalah pegawai stasiun. © Reuters

Ovsyannikova: aksi protes publik

Pemimpin redaksi Saluran 1 TV pemerintah Rusia mengangkat poster protes terhadap perang di Ukraina di depan kamera pada siaran berita utama Senin malam. Poster itu juga menyatakan bahwa pemirsa “dibohongi di sini”. Ovsyannikova juga menggambarkan serangan Rusia di Ukraina sebagai kejahatan dalam sebuah video.

Berbicara tentang perang dilarang di media pemerintah Rusia. Pimpinan negara menyebut aksi di negara tetangga itu sebagai “operasi militer khusus” untuk “demiliterisasi” dan “denazifikasi” Ukraina. Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy, yang memiliki akar Yahudi, berterima kasih kepada Ovsyannikova.

Written By
More from Lukman Haq
Siaran Menjadi Viral: Ahli Meteorologi Menemukan Layar Sentuh di TV Langsung
Acaranya viral Seorang ahli meteorologi menemukan layar sentuh di siaran langsung televisi...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.