Von der Leyen menanggapi – Bagaimana Johnson memenangkan pertempuran vaksin UE – Kebijakan luar negeri

Yang dia butuhkan hanyalah panggilan telepon …

Perdana Menteri Inggris Boris Johnson rupanya telah membujuk Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen (62) untuk menarik penghentian pengiriman vaksin ke Inggris dalam waktu yang sangat singkat.

UE sebelumnya telah mengumumkan bahwa mereka ingin mengontrol ekspor vaksin komunitas internasional lebih dekat – pengiriman melintasi perbatasan Irlandia akan lebih sulit.

Pasal 16 Protokol Irlandia Utara untuk Perjanjian Brexit harus digunakan untuk tujuan ini. Ini akan menghasilkan perbatasan yang keras antara Irlandia dan Irlandia Utara.

Boris Johnson mengadakan rapat kabinet darurat dan kemudian menelepon Presiden Komisi Eropa von der Leyen. Dia memperingatkan bahwa penghentian ekspor seperti itu akan membahayakan proses perdamaian intra-Irlandia.

Johnson juga menekankan selama panggilan telepon bahwa penghentian ekspor UE yang direncanakan akan berarti jutaan pensiunan Inggris tidak akan menerima dosis kedua vaksin mereka.

Presiden Komisi Eropa akhirnya menyerah dan menggambarkan pembicaraan dengan Perdana Menteri Inggris sebagai “konstruktif”.

Dalam sebuah posting Twitter, von der Leyen kembali ke perjalanan sulitnya.

Wakil Perdana Menteri Inggris dan Sekretaris Negara untuk Urusan Kabinet Michael Gove mengatakan UE telah mengakui telah “membuat kesalahan” dan bahwa kedua belah pihak telah setuju untuk “memulai kembali”.

Perdana Menteri Irlandia Utara Arlene Foster kurang tenang, menyebut rencana awal UE sebagai “tindakan permusuhan yang luar biasa”. Anggota parlemen konservatif merayakan kesuksesan Boris Johnson.

Menurut Daily Mail, pemerintah Inggris telah menyusun rencana darurat untuk “mematahkan” blokade UE. Menurut “manuver keamanan vaksin”, yang dibuat berdasarkan rencana Brexit tanpa kesepakatan, dosis vaksinasi bisa saja dikirim dari UE ke Inggris Raya dengan semacam angkutan udara.

READ  Presiden terpilih AS Trump telah menyerukan penghentian penghitungan suara di tiga negara bagian

UE dan von der Leyen sendiri telah banyak dikritik karena rencana penghentian ekspor vaksin. Organisasi Kesehatan Dunia menyebut rencana itu “mengkhawatirkan”.

Written By
More from Lukman Haq

Dabiel Pearl: Pemerintah AS geram dengan rilis kasus pembunuhan

Tersangka pembunuh jurnalis Amerika yang terbunuh, Daniel Pearl, harus dibebaskan. Ini diputuskan...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *