Uni Eropa: Parlemen Eropa menyangkal status demokrasi Hongaria

Status: 15.09.2022 14.14

Negara ini telah menjadi “sistem hibrid otokrasi elektoral”: dalam siaran persnya, Parlemen Eropa menolak Hungaria status demokrasi. Karena pelanggaran aturan hukum, Hongaria diancam dengan pemotongan dana UE.

Parlemen Eropa telah mengakui bahwa Hongaria bukanlah negara demokrasi. “Di antara para ahli” ada konsensus yang berkembang “bahwa Hongaria bukan lagi negara demokrasi”, menurut resolusi tidak mengikat yang disetujui oleh mayoritas anggota parlemen di Strasbourg. Hungaria telah “menjadi sistem hibrida dari otokrasi elektoral”.

Parlemen Eropa mengkritik Uni Eropa sendiri karena tidak bertindak cukup tegas. Parlemen menyesalkan “bahwa kurangnya tindakan tegas UE telah berkontribusi pada runtuhnya demokrasi, supremasi hukum dan hak-hak dasar di Hongaria”. Selama berbulan-bulan, anggota parlemen telah meminta Komisi Eropa di Brussels untuk melakukan sesuatu tentang dugaan pelanggaran aturan hukum di Hongaria dan mungkin memotong dana Uni Eropa untuk negara tersebut.

Potong dana UE?

Untuk mengurangi dana Hongaria – Komisi Eropa dapat memutuskan proposal yang sesuai untuk negara-negara anggota pada hari Minggu, lapor kantor berita dpa, mengutip lingkaran Uni Eropa. Ini akan menjadi pertama kalinya Komisi mengusulkan pemotongan dana UE karena pelanggaran aturan hukum. Namun, tetap ada kemungkinan kompromi dengan Budapest. Oleh karena itu Parlemen Eropa khawatir bahwa uang itu pada akhirnya akan masuk ke Hungaria. Ketua Komisi Ursula von der Leyen menekankan pada hari Rabu bahwa dia ingin mengambil tindakan tegas terhadap korupsi. Dia juga menyebutkan mekanisme rule of law, yang bertujuan untuk mencegah penyalahgunaan uang anggaran Uni Eropa.

Mekanisme supremasi hukum dipicu pada bulan April

Sejauh ini, Hongaria adalah satu-satunya negara yang prosedur berdasarkan mekanisme ini sedang berlangsung. Komisi Eropa telah lama mengecam korupsi yang meluas di negara itu, yang telah dipimpin oleh Perdana Menteri Viktor Orban selama dua belas tahun. Sebuah laporan Juli berbicara tentang “sebuah lingkungan di mana risiko klientelisme, patronase dan nepotisme dalam administrasi publik senior tidak diperhitungkan”.

READ  Kebakaran hutan di Ontario dan Oregon: Pejabat AS memperingatkan akan adanya tornado

Dokumen lain dari otoritas terutama mengkritik defisit pengadaan publik. Ada “ketidakberesan sistemik yang serius, kekurangan dan kelemahan dalam prosedur pengadaan publik”.

Karena Komisi Eropa melihat bahaya penyalahgunaan uang Uni Eropa, hal itu memicu mekanisme rule of law melawan Hungaria pada bulan April. Proposal untuk mengurangi uang akan menjadi langkah selanjutnya dalam proses. Dokumen Komisi Eropa menunjukkan bahwa ia dapat mengusulkan kepada negara-negara UE untuk menahan hingga 70% dari beberapa program dana struktural untuk mendukung daerah-daerah yang kurang beruntung. Menurut perhitungan Green MEP Daniel Freund, ini bisa mencapai sekitar tujuh miliar euro. Di kalangan UE, dikatakan bahwa jumlahnya masih bisa berubah.

Langkah-langkah untuk menenangkan Brussel

Selain itu, pihak berwenang akan memutuskan rekomendasi pada hari Minggu tentang bagaimana menangani keluhan di Hungaria, katanya. Jika Hongaria menerapkan semua rekomendasi, uang mungkin tidak akan dibekukan sejak awal.

Pemerintah Hongaria baru-baru ini menunjukkan beberapa gerakan dalam perselisihan dengan Brussel untuk pertama kalinya dalam waktu yang lama. Dalam beberapa pekan terakhir, dia telah menggantungkan beberapa tindakan yang dimaksudkan untuk menenangkan Komisi Eropa. Antara lain, Budapest ingin menciptakan otoritas anti-korupsi baru, secara drastis mengurangi jumlah tender publik dengan satu pemasok dan mengakhiri agitasi parlemen terhadap undang-undang yang seringkali penting dalam prosedur darurat 24 jam. .

Menteri yang bertanggung jawab, Tibor Navracsics, mengatakan dalam sebuah wawancara televisi pada Rabu malam bahwa RUU untuk otoritas anti-korupsi akan diajukan ke parlemen awal pekan depan. Oleh karena itu, kepala otoritas ini harus diangkat melalui pelelangan umum. Komite nominasi akan terdiri dari pakar internasional yang diakui secara teknis dan prosedurnya akan dilakukan berkoordinasi dengan Brussels. Mandat, kompetensi, dan hak otoritas masih belum jelas bagi publik. Aktivis anti-korupsi Hungaria memperingatkan bahwa pemerintah Orban bisa menipu pihak berwenang di Brussels.

READ  Dengan 20 perahu dalam satu hari: hampir 1.000 migran menyeberangi Selat

Keputusan untuk membekukan miliaran euro untuk Hongaria dari anggaran Uni Eropa pada akhirnya diambil oleh negara-negara Uni Eropa. Menurut rekomendasi Komisi Eropa, Anda memiliki waktu hingga tiga bulan untuk membuat keputusan, yang harus diterima oleh setidaknya 15 negara dengan setidaknya 65% dari populasi UE.

Written By
More from Lukman Haq
Influencer Beatriz Rabi diserbu oleh sebuah truk! Tapi Instagram bekerja lagi … – orang
Dia nyaris lolos dari kematian yang tidak disengaja – tetapi waktu Instagram...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.