Ulasan mengemudi mobil listrik Kia EV6 GT: akselerasi yang mengesankan

Dengan tenaga 430 kW, mobil listrik Kia EV6 GT akan menjadi model merek paling bertenaga hingga saat ini. Ini menempatkan model di ranah Porsche Taycan – setidaknya dalam hal performa berkendara. Kia pernah meninggalkan penulis kami di belakang kemudi untuk sementara waktu.

Kia EV6 dan model Hyundai, Ioniq 5, yang dirancang dengan dasar teknis yang sama, mempopulerkan pengisian cepat dengan sistem penyimpanan 800 volt mereka. Kia sekarang menawarkan kepada pelanggan EV6 lima tempat duduk sepanjang 4,70 meter dalam versi GT dengan 430 kW dan 740 Nm. Hal ini dimungkinkan oleh teknologi yang sama yang juga mempercepat pengisian cepat: baterai 800 volt juga memungkinkan aliran energi yang lebih tinggi dalam arah yang lain.

Performa berkendara dengan demikian mencapai level mobil seperti Porsche Taycan atau Audi A6 e-tron: Kia menjanjikan 3,5 detik untuk sprint dari 0 hingga 100 km/jam dan kecepatan tertinggi 260 km/jam. Itu tetap dengan baterai yang sama seperti pada Kia EV6 dengan 77,4 kWh, yang mencapai jangkauan hingga 424 kilometer dalam WLTP. Berkat tegangan 800 volt, EV6 GT dapat diisi dari 10 hingga 80% dalam 18 menit dalam kondisi baik.

Lengkungan roda yang melebar, spoiler mewah, atau saluran masuk udara yang mencolok tidak ada. Jadi sederhananya, Kia EV6 GT lebih mirip EV6 dengan GT Design Pack yang sudah tersedia. Kia EV6 GT hampir sepenuhnya tidak memiliki kekuatan BMW i4 M50 atau Mercedes AMG EQS 53 di dalam dan luar.

Sejauh ini, hanya roda 21 inci yang memberikan indikasi versi tidak terkunci untuk tenaga yang begitu besar. Hanya pada pemeriksaan lebih dekat Anda akan melihat beberapa bagian aerodinamis tambahan dan elemen dekoratif hijau cerah. Yang juga baru di GT adalah sakelar di roda kemudi untuk mode berkendara, termasuk drift.

READ  Lihat tips perdagangan Selasa (15/12) untuk Binarta Securitas

Poin kecil untuk varian Kia EV6 yang tidak terkunci.

Motor listrik 160 kW beroperasi di gandar depan dan motor 270 kW yang jauh lebih bertenaga di gandar belakang – yang masuk akal dari sudut pandang dinamika berkendara. Daya dorong 470 kW sangat besar. Oleh karena itu, diferensial rem yang dikontrol secara elektronik dengan fungsi penguncian mengubah daya yang cukup menjadi daya dorong maksimum, bahkan saat menikung. Roda dengan traksi terbaik mendapatkan torsi tertinggi.

Kia Stinger yang brilian telah membuktikan bahwa Kia juga dapat membuat sasis yang sporty dan EV6, yang tentu saja sedikit lebih berat karena baterainya, tidak jauh di belakang. Ini dengan sempurna menangani akselerasi, kecepatan menikung tinggi, dan perubahan beban.

Akselerasinya mengesankan, tapi sayangnya sistem pengereman crossover hampir 2,3 ton tidak cukup mengikuti, yang tampaknya memiliki kesamaan dengan Stinger. Meskipun rem (berdiameter 38 cm depan/belakang 36 cm) mencengkeram dengan baik, rem tidak dapat diatur secara sensitif seperti pada mobil sport dengan performa yang sebanding. Situasinya mirip dengan perilaku manajemen. Kia EV6 GT berperilaku seperti papan pepatah bahkan dengan perubahan beban yang cepat, tetapi harus menawarkan lebih banyak umpan balik langsung dari gandar depan. Selain itu, seseorang duduk agak terlalu tinggi di kursi olahraga yang tepat.

Mengingat kekuatan yang luar biasa dan performa berkendara yang sporty, kualitas kenyamanan EV6 GT, yang berharga setidaknya sekitar 70.000 euro, tidak boleh diremehkan.Kursi sportnya luar biasa tinggi, tetapi meyakinkan dengan kualitas jarak jauh yang baik.

Informasi disediakan oleh dua layar 12,3 inci, salah satunya sensitif sentuhan. Kontrol melalui tombol di roda kemudi dan bilah sakelar ganda yang agak membingungkan di konsol tengah juga bekerja dengan sangat baik. Seperti model Kia/Hyundai lainnya, hanya kontrol suara yang kurang di EV6. Sayangnya, Korea belum setingkat merek seperti Polestar, Audi atau BMW.

READ  Siri Muliniini Bahan mengingat kasus 20 triliun PMN belum selesai

Kesan bagus di interior berlanjut di bagian belakang. Dua orang dewasa dapat duduk dengan nyaman di sini, meskipun kontur kursi belakang yang lebih baik mungkin diharapkan pada model sport. Volume kargo 480 liter dapat diperpanjang hingga 1260 liter dengan melipat kursi belakang. Di bagian depan frunk ada sedikit volume 20 liter. Harap dicatat: muatannya hanya 350 kilogram.


(fpi)

Ke halaman rumah

Written By
More from Hulwi Zafar
Fosil udang bermata lima ditemukan, kaitannya hilang
Ilustrasi fosil udang bermata lima. Foto kesopanan Fosil udang bermata lima adalah...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.