Ukraina: Ekonomi runtuh sebesar 45% menurut perkiraan Bank Dunia – politik luar negeri

Bahkan sebelum serangan Putin, Ukraina adalah salah satu negara termiskin di Eropa. Setelah lebih dari enam minggu perang, situasinya memburuk secara dramatis.

Bank Dunia mengasumsikan bahwa output ekonomi Ukraina akan hampir setengahnya pada tahun 2022. Bank Dunia memperkirakan pada hari Minggu bahwa produk domestik bruto (PDB) akan turun sekitar 45% dari tahun sebelumnya.

“Kedalaman kemerosotan ekonomi” akan tergantung pada “durasi dan intensitas perang”. Pada bulan Januari, yaitu sebelum dimulainya perang pada tanggal 24 Februari, Bank Dunia masih mengandalkan pertumbuhan ekonomi sekitar 3% untuk Ukraina.

“Banyak aspek ekonomi Ukraina runtuh,” kata Bank Dunia. Dampak perang, pelarian, dan pengungsian terhadap kemiskinan di Ukraina juga kemungkinan besar akan “menghancurkan”.

Diukur terhadap garis kemiskinan statistik $5,50 per hari untuk negara-negara dengan pendapatan yang sebanding, proporsi penduduk Ukraina yang hidup dalam kemiskinan diperkirakan akan meroket dari 1,8% menjadi 19,8%, Bank Dunia memperingatkan.

“Skala krisis kemanusiaan yang dipicu oleh perang sangat mengejutkan,” kata Anna Bjerde, Wakil Presiden Bank Dunia untuk Eropa dan Asia Tengah. Ukraina membutuhkan “dukungan keuangan besar-besaran segera” untuk menstabilkan ekonomi dan membantu warga.

Prakiraan ekonomi untuk Ukraina saat ini dikaitkan dengan tingkat ketidakpastian yang sangat tinggi. Tidak ada yang bisa memprediksi bagaimana perang akan berlanjut dan berapa lama pertempuran akan berlangsung. Namun, tren perkiraan harus signifikan.

“Perang menghancurkan sejumlah besar infrastruktur produktif – termasuk kereta api, jembatan, pelabuhan dan jalan – membuat kegiatan ekonomi tidak mungkin dilakukan di sebagian besar wilayah ini,” kata Bank Dunia.

Perdagangan terhenti, seperti halnya sebagian besar ekspor yang biasanya dikirim melalui pelabuhan Laut Hitam. Pertanian, cabang penting ekonomi Ukraina, juga telah terganggu di banyak tempat karena perang. Menurut Bank Dunia, oleh karena itu diharapkan bahwa konsekuensi dari konflik akan terus melemahkan potensi ekonomi Ukraina setelah tahun ini.

READ  Kanselir Knallhart di BILD LIVE - secara singkat memperingatkan eksodus massal lainnya - Kebijakan luar negeri

Jalan yang hancur di MarakivFoto: dia gambar melalui Getty Images

Menteri Perdagangan memperkirakan kerusakan mencapai $1 triliun

Menurut perkiraan pemerintah, Ukraina telah menderita kerugian hingga $1 triliun sejauh ini akibat invasi pasukan Rusia. Wakil Menteri Ekonomi Olexander Griban mengatakan pada hari Minggu selama pertemuan pemerintah, menurut badan Unian.

Kerugiannya “kolosal”, daftarnya belum lengkap. “Ini miliaran dolar dalam kerusakan, berpotensi hingga $ 1 triliun,” kata Griban, tanpa memberikan pembenaran lebih lanjut untuk jumlahnya.

Jumlah tersebut berasal dari kerusakan infrastruktur, perawatan kesehatan dan pendidikan. “Dan kemudian ada tingkat kerugian lain – negara bagian, kota, dan swasta,” tulis Griban. “Kami memiliki banyak pekerjaan yang harus dilakukan pada rekonstruksi.”

Pada hari Minggu, pemerintah Ukraina menyediakan dana pertama untuk pekerjaan pembersihan dan perbaikan yang mendesak di daerah-daerah yang dapat dibebaskan dari pendudukan Rusia. Perdana Menteri Denys Shmyhal mengajukan banding ke kyiv untuk sejumlah satu miliar hryvnia (31,2 juta euro) untuk perbaikan mendesak.

Output ekonomi Rusia juga turun

Menurut Bank Dunia, ekonomi Rusia diperkirakan akan mengalami kontraksi sebesar 11,2% tahun ini karena sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat. Permintaan di negara itu akan turun karena pekerjaan hilang, pendapatan turun, kemiskinan, inflasi dan gangguan rantai pasokan meningkat, kata Bank Dunia. Pada bulan Januari, bank masih mengharapkan pertumbuhan ekonomi yang lemah untuk Rusia.

Karena perang, ekonomi juga akan berkontraksi di negara-negara lain di kawasan itu tahun ini, termasuk Belarus, Moldova, Kirgistan, dan Tajikistan.

“Perang Putin” – Pengguna aplikasi dapat berlangganan buletin baru di sini!

Written By
More from Lukman Haq
Ditangkap karena karya seni Ka’bah di Turki
TIDAKSetelah menggantung gambar yang menunjukkan tempat suci Islam dengan bendera pelangi, empat...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.