Turki, Italia, Yunani: kebakaran hutan di Mediterania terus berkobar

Status: 02.08.2021 05h00

Di kawasan wisata Laut Mediterania, petugas pemadam kebakaran terus memerangi kebakaran hutan yang menghancurkan. Setelah Turki dan Italia, banyak kebakaran kini terjadi di Yunani karena panas yang ekstrem.

Petugas pemadam kebakaran di banyak resor wisata Mediterania tidak beristirahat: ratusan kebakaran hutan yang menghancurkan terus berkobar pada hari Minggu. Puluhan hotel dan desa kembali dievakuasi di Turki selatan. Italia telah melaporkan lebih dari 800 kebakaran, termasuk 250 di Sisilia saja. Dalam bahasa Yunani Peloponnese, penduduk dan turis juga perlu dibawa ke tempat yang aman. Sementara itu, layanan darurat melaporkan kebakaran baru di pulau Rhodes. Situasinya sangat serius di Turki, di mana api berulang kali dipicu oleh angin kencang. Di resor tepi laut Bodrum yang populer, menurut saluran televisi CNN Türk, seluruh lingkungan dievakuasi, 540 orang harus dibawa ke tempat yang aman dengan perahu karena jalan-jalan tidak lagi bisa dilalui.

Menurut saluran NTV, ada juga evakuasi di kota resor Antalya. Dua mayat ditemukan di sana pada hari Minggu. Korban tewas sejak kebakaran dimulai lima hari lalu telah meningkat menjadi sepuluh. 107 dari 112 kebakaran kini terkendali, kata Menteri Pertanian dan Kehutanan Bekir Pakdemirli. Namun mereka terus mengamuk di kawasan wisata Antalya dan Mugla. Uni Eropa mendukung Turki dalam memerangi kebakaran hutan. Uni Eropa telah mengumumkan bahwa dua pesawat pemadam kebakaran dari Spanyol dan satu dari Kroasia akan tersedia. Baru-baru ini, Rusia, Ukraina, Iran dan Azerbaijan telah mengirim pasukan untuk memberikan dukungan. Uni Eropa mendukung Turki dalam memerangi kebakaran hutan yang telah berkobar selama berhari-hari. Uni Eropa mengumumkan pada hari Minggu bahwa dua pesawat pemadam kebakaran dari Spanyol dan satu dari Kroasia akan tersedia. Baru-baru ini, Rusia, Ukraina, Iran dan Azerbaijan telah mengirim pasukan untuk memberikan dukungan.

READ  Kanselir Austria Kurz tetap menjabat meskipun ada tuduhan korupsi

Bagi Turki, ini adalah kebakaran terburuk dalam satu dekade. Menurut pihak berwenang, hampir 95.000 hektar lahan telah dihancurkan oleh kebakaran sejak awal tahun. Pada tahun 2008 hingga 2020, rata-rata hanya ada sekitar 13.000 hektar selama periode yang sama.

Tidak ada akhir dari gelombang panas Yunani yang terlihat

Di Yunani, 300 petugas pemadam kebakaran melanjutkan pada Minggu untuk memadamkan beberapa kebakaran di Peloponnese. Menurut pertahanan sipil, 58 kebakaran telah terjadi di semenanjung itu sejak Sabtu, tetapi kebanyakan dari mereka dengan cepat dapat dikendalikan. Lima desa di dekat kota Patras harus dievakuasi. Hampir seratus penduduk lokal dan turis juga dibawa dari resor tepi laut kecil Loggos ke kota terdekat Egio. Walikota desa Egialia berbicara tentang “bencana besar”. “Kami tidur di luar sepanjang malam, kami sangat takut sehingga ketika kami bangun kami tidak memiliki rumah lagi,” kata seorang penduduk desa Labiri kepada Skai.

Seperti yang dilaporkan surat kabar lokal “Patras Times”, api menghanguskan sekitar 30 rumah, gudang pertanian, dan istal di kota itu. Beberapa kebun zaitun juga dihancurkan oleh api. “Kami telah hidup melalui neraka,” kata seorang penduduk lingkungan Giorgos Alexopoulos dari kantor berita AFP. “Kami takut kehilangan segalanya dalam kobaran api.”

Sementara itu, layanan darurat melaporkan terjadinya kebakaran hutan lain di pulau Rhodes. 67 petugas pemadam kebakaran mengambil bagian dalam pekerjaan pemadaman dengan 20 kendaraan penyelamat. Tiga pesawat pemadam kebakaran dan empat helikopter juga beroperasi. Kekeringan ekstrem, angin kencang, dan suhu lebih dari 30 derajat setiap musim panas memicu kebakaran hutan yang menghancurkan di Yunani. Sejak Jumat, negara itu telah mengalami gelombang panas baru dengan suhu antara 42 dan 44 derajat. Para ahli melihatnya sebagai tanda lain dari perubahan iklim. Beberapa ahli meteorologi bahkan khawatir bahwa termometer akan mencatat rekor di Eropa dalam beberapa hari mendatang. Pada tahun 1977, 48 derajat Celcius diukur di Athena dan di kota Elefsina, sekitar tiga puluh kilometer ke barat. Ini adalah suhu tertinggi yang diukur di Eropa hingga saat ini.

READ  Lithuania: Taiwan membuka misi diplomatik dengan namanya sendiri di Eropa untuk pertama kalinya

Panas terik juga membebani kinerja sistem energi negara. Karena itu, semua teknisi telah disiagakan. Hal ini diumumkan oleh Menteri Energi Yunani Kostas Skrekas. Semua pembangkit listrik yang ada telah terhubung dengan sistem energi nasional, katanya.

Kebakaran di Sisilia

Petugas pemadam kebakaran Italia menghitung lebih dari 800 kebakaran selama akhir pekan, terutama di wilayah selatan Puglia, Calabria dan Campania serta di Lazio tengah Italia dengan ibukota Italia Roma. Sebagian besar kebakaran dimulai di pulau Sisilia, yang populer di kalangan wisatawan. Di sana, petugas pemadam kebakaran terus memadamkan api di dekat Catania, Palermo dan Syracuse pada hari Minggu. Serikat Petani Coldiretti telah menghitung sekitar 300 kebakaran hutan di Sisilia sejak awal tahun. Dia menduga bahwa tidak hanya panas dan kekeringan yang bertanggung jawab atas jumlah besar, tetapi juga untuk intrik kriminal.

Sementara suhu 39 derajat telah diukur di Sisilia dalam beberapa hari terakhir dan 40 derajat di Bari, di Italia selatan, bagian utara negara itu saat ini mengalami badai petir yang parah. Di Spanyol, petugas pemadam kebakaran berjuang memadamkan api akhir pekan ini di dekat waduk San Juan, sekitar 70 kilometer timur Madrid. Pihak berwenang meminta penduduk untuk menjauh dari area renang yang populer.

Written By
More from Lukman Haq
Konsekuensi perubahan iklim: danau glasial mengancam kota besar di Peru
Diperbarui pada 5 Februari 2021, 19:22. Danau pegunungan glasial terus membengkak akibat...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *