Tumpahan minyak besar menyebar di Mediterania – Kekhawatiran Siprus

Minyak mengalir ke Mediterania dari pembangkit listrik Suriah dan sekarang menuju Siprus. Tumpahan minyak bisa sampai di sana pada hari Selasa. Pihak berwenang khawatir.

Tumpahan minyak di Mediterania timur dari pantai Suriah memperingatkan pihak berwenang Siprus. Seperti yang dikatakan Kementerian Perikanan pada hari Senin, pihak berwenang memperkirakan tumpahan minyak akan mencapai bagian utara pulau itu pada hari Selasa. Laporan pertama kebocoran bahan bakar minyak dari pembangkit listrik di kota pelabuhan Suriah Banias telah ada sejak pekan lalu.

Menurut kantor berita negara Suriah Sana, kebocoran itu disebabkan oleh kecelakaan. Pemerintah Suriah mengatakan Senin di surat kabar pro-pemerintah “Al-Watan” bahwa sebuah komite telah dibentuk untuk menyelidiki penyebab kecelakaan itu. Menurut ini, hanya antara dua dan empat ton minyak pemanas bocor dari pembangkit listrik.

Gambar satelit pertama menunjukkan tumpahan minyak

Banias berjarak sekitar 160 kilometer dari Siprus. Gambar satelit pertama menunjukkan tumpahan minyak 36 kilometer di lepas pantai Suriah, tetapi gambar yang lebih baru menunjukkan bahwa tumpahan minyak bisa jauh lebih besar.

Menurut Kementerian Perikanan Siprus, bagaimanapun, ini lebih merupakan selubung minyak yang relatif tipis daripada lapisan minyak yang tebal. Pihak berwenang Siprus telah menawarkan untuk membantu mengangkut minyak ke Siprus utara.

Pulau ini telah dibagi sejak tahun 1974. Saat itu, bagian utara pulau Mediterania diduduki oleh Turki. Siprus Utara tidak diakui oleh masyarakat internasional kecuali Turki.

READ  'Jumlah infeksi yang tidak masuk akal': dokter menyerukan penguncian selama berbulan-bulan
Written By
More from Lukman Haq
Kawanan menyebabkan jutaan kerusakan: dinding truk seharusnya menghentikan gajah liar
Senin, 7 Juni 2021 Kawanan menyebabkan jutaan kerusakan Tembok truk seharusnya menghentikan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *