Tikus penghancur yang terkenal, Magawa, telah mati di Kamboja


Magawa, penjinak ranjau terkenal, di bahu mantan supervisornya So Malen di Siem Reap, Kamboja.
Gambar: Reuters

Magawa telah membantu membuat total 225.000 meter persegi tanah dapat diakses kembali. Dengan lebih dari 100 ranjau darat ditemukan, hewan pengerat itu adalah tikus penyapu ranjau paling efektif yang dikelola oleh organisasi bantuan Apopo.

DTikus penyapu ranjau terkenal Magawa, yang menerima medali, sudah mati. Hewan pengerat itu, yang telah berhasil digunakan di Kamboja selama lima tahun, tertidur dengan tenang selama akhir pekan “pada usia delapan tahun,” kata organisasi bantuan Belgia Apopo pada hari Rabu dengan ‘hewan itu. Magawa tidak resmi pensiun sampai Juni 2021. Dia dikatakan sehat dan energik sampai sesaat sebelum kematiannya.

Deteksi tikus lebih cepat daripada detektor logam

“Kami semua di Apopo berduka atas Magawa dan berterima kasih atas pekerjaan luar biasa yang telah dia lakukan,” tulis organisasi itu di situs webnya. “Selama karirnya, Magawa menemukan lebih dari 100 ranjau darat dan bahan peledak lainnya, menjadikannya HeroRAT Apopo yang paling sukses hingga saat ini.” Tikus hamster raksasa Tanzania tiba di Kamboja pada usia sembilan bulan dan dilatih di sana.

Tikus pelacak dapat menemukan ranjau lebih cepat daripada detektor logam. Menurut Apopo, 96 yang disebut HeroRAT saat ini membantu menemukan alat peledak di seluruh dunia sebelum mereka melukai atau membunuh orang.

Magawa telah membantu membuat total 225.000 meter persegi tanah dapat diakses kembali. Kamboja masih menjadi salah satu negara yang paling banyak ditambang di dunia. Sebagian besar alat peledak berasal dari pemerintahan teror Khmer Merah selama beberapa dekade yang dimulai pada tahun 1975. Untuk pekerjaan penyelamatannya, Magawa adalah tikus pertama yang menerima pesanan hewan tertinggi di Inggris pada tahun 2020. Hewan pengerat pemberani ini telah menerima medali emas kecil di sebuah pita biru di lehernya.

READ  Truk pemadam kebakaran Turki jatuh di area kebakaran hutan - News
Written By
More from Lukman Haq
Donald Trump: penggemar menuntut boikot terhadap tweet Walmart grup
Pengikut yang marah dari Presiden AS Donald Trump ingin memboikot Walmart atas...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *