Tidak ada risiko tsunami: gempa kuat mengguncang Fukushima


Setelah gempa: ambulans di depan sebuah hotel di prefektur Fukushima
Gambar: Reuters

Gempa bumi parah melanda Jepang timur laut pada Sabtu malam. Gempa bumi melanda daerah tempat orang-orang bersiap untuk peringatan sepuluh tahun tsunami bulan Maret.

WBeberapa minggu sebelum peringatan sepuluh tahun bencana tsunami di timur laut Jepang, gempa bumi dahsyat mengguncang wilayah di sekitar Prefektur Fukushima pada Sabtu malam waktu setempat. Gempa terjadi sekitar pukul 11:08 dan, menurut American Earthquake Watch, memiliki kekuatan 7,1. Pusat gempa berada sekitar 60 kilometer timur laut kota Namie dekat pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, yang rusak pada tahun 2011, di kedalaman sekitar 60 kilometer.

Patrick welter

Koresponden bisnis dan politik Jepang, yang berbasis di Tokyo.

Tidak ada bahaya tsunami, kata juru bicara pemerintah Kazunogu Kato. Namun penduduk diimbau untuk berhati-hati. Gempa bisa dirasakan sekitar dua menit di ibu kota Tokyo, sekitar 260 kilometer jauhnya. Menurut saluran televisi NHK, listrik telah padam di lebih dari 800.000 rumah di timur laut. Karena hari sudah gelap, kami tidak tahu apa-apa tentang kerusakan baru. Tanah longsor dilaporkan dari jalan raya. Pemerintah telah mendirikan pusat darurat.

Pemasok energi Tokyo Electric Power (Tepco) sedang memeriksa apakah telah terjadi kerusakan di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi. Seperti kebanyakan pembangkit listrik tenaga nuklir lainnya di Jepang, pembangkit tersebut telah ditutup sejak bencana tsunami. Tetapi air yang terkontaminasi secara radioaktif dapat keluar dari pembangkit listrik. Tepco melaporkan sekitar satu jam setelah gempa bahwa sejauh ini tidak ada anomali.

Pada tanggal 11 Maret 2011, gempa bumi berkekuatan 9,1 skala Richter memicu tsunami yang melanda wilayah pesisir timur laut Jepang dengan tinggi gelombang lebih dari 15 meter. Sekitar 19.000 orang tewas atau masih hilang hingga hari ini. Di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi, generator darurat gagal dan mengakibatkan tiga krisis. Puluhan ribu rumah telah dievakuasi.

Written By
More from Lukman Haq

Penangkapan jurnalis tersebut telah memicu kontroversi lagi, dengan peringatan pemerintah China bahwa ini adalah “masalah internal”.

Beijing, Kompas.com – Pemerintah Cina Memperingatkan pihak lain yang terlibat dalam kasus...
Read More

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *