Tidak ada penerimaan: bagaimana Elon Musk dan T-Mobile ingin menghilangkan zona mati di dunia

Tautan bintang untuk ponsel cerdas
Tidak pernah lagi tanpa penerimaan: Bagaimana Elon Musk dan T-Mobile ingin menghilangkan zona mati di dunia

Elon Musk masih memiliki banyak rencana untuk startup satelit Starlink-nya

©Patrick Pleul / Getty Images

Jaringan satelit Starlink milik Elon Musk terus menjadi berita utama. Sekarang seharusnya memperbaiki masalah ponsel kuno.

Tidak ada penerimaan – bahkan di zaman ponsel, pesan itu mengganggu, tetapi sejak smartphone dan internet di mana-mana, itu telah menjadi bencana. Dan masalah titik mati bahkan lebih besar di negara besar seperti Amerika Serikat daripada di Jerman. Penyedia AS T-Mobile sekarang ingin menutup celahnya dengan bantuan Elon Musk – dan membuat celah radio menjadi sesuatu dari masa lalu di seluruh dunia.

Ini diumumkan kemarin oleh CEO T-Mobile Mike Sievert dan bos Starlink Elon Musk pada acara bersama. Rencananya: Internet satelit Musk juga harus tersedia untuk pelanggan seluler. Dengan cara ini, daerah-daerah terpencil juga harus dilengkapi dengan koneksi dan titik-titik mati ditutup, keduanya mengumumkan.

Elon Musk menjelaskan: SpaceX dan T-Mobile US terhubung untuk koneksi yang lebih baik

Starlink: Dari satelit langsung ke ponsel cerdas Anda

Ini harus dimungkinkan dengan merombak satelit, Musk menjelaskan. Versi 2 akan memiliki “antena besar dan besar”, dengan diameter antara lima dan enam meter. Ini harus memungkinkan untuk menggunakan frekuensi yang juga ditransmisikan oleh ponsel cerdas T-Mobile dari orbit. Menurut dia, satelit baru pertama akan diluncurkan ke luar angkasa tahun depan. Mereka akan “menghilangkan titik-titik mati di seluruh dunia,” jelasnya.

Tentu saja, pada tingkat koneksi 5G modern, koneksi tidak bergerak karena jarak antara perangkat dan satelit, Musk mengakui. “Koneksinya dua sampai empat Mbit/s per sel,” jelasnya. Itu jauh dari 1000+ Mbps yang mungkin saat ini dan lebih sesuai dengan koneksi HSPA yang lebih lama (varian 3G yang lebih baru). Tapi itu cukup untuk obrolan, panggilan, dan situs web, janji Musk. “Dan jika tidak ada terlalu banyak orang di sel, mungkin bahkan untuk sedikit video.”

solusi darurat

Ide utamanya, bagaimanapun, adalah tidak membuang-buang jaringan sehingga tersedia untuk Instagram and Co. Sebaliknya, orang berpikir lebih banyak orang terdampar tanpa penerimaan karena kecelakaan. “Dan sekarang bicaralah dengan bola basket,” canda Musk, merujuk pada film klasik “On the Lost” yang dibintangi Tom Hanks. “Mereka sekarang dapat meminta bantuan,” katanya.

Agar koneksi dapat diandalkan, karena itu tidak tersedia untuk semua layanan. Awalnya terbatas pada aplikasi dan layanan perpesanan tertentu. Plus, itu hanya tersedia ketika benar-benar tidak ada resepsi, Musk menjelaskan. Ini tidak memerlukan akses ke seluruh jaringan satelit. Segera setelah koneksi dasar dibuat, pesan dapat dikirim. Meskipun, dalam kasus ekstrim, akan memakan waktu hingga 30 menit untuk mengirim.

Perusahaan lain juga mendapat manfaat langsung dari penggunaan satelit: Mobil dari perusahaan Musk lainnya, Tesla, juga harus dapat menggunakan teknologi untuk komunikasi, ia mengumumkan di Twitter. Anda mungkin menerima data penjelajahan dan lalu lintas tentangnya. Sejauh ini, mereka mengandalkan AT&T, pesaing T-Mobile.

Jalan menuju luar angkasa

Tes pertama harus dimulai tahun ini di area “terpilih”, dan tahun depan layanan harus ditawarkan di seluruh Amerika Serikat, termasuk Hawaii dan Alaska. Secara internasional, situasinya sedikit lebih rumit. Frekuensi komersial yang digunakan oleh proyek dilisensikan di negara lain oleh penyedia lokal. Oleh karena itu T-Mobile sudah dalam negosiasi untuk dapat mengimplementasikan layanan secara internasional.

Fakta bahwa smartphone dapat terhubung langsung ke satelit bukanlah ide yang sama sekali baru. Garmin sudah menawarkannya untuk perangkat navigasi. Menurut rumor, dua produsen paling penting, Apple dan Samsung, berencana untuk secara teknis melengkapi smartphone kelas atas mereka untuk koneksi satelit penuh di masa depan. Maka layanan seperti yang disajikan sekarang tidak lagi diperlukan. Namun, pelanggan T-Mobile harus memiliki keuntungan besar: Sievert telah berjanji bahwa solusi satelit berikutnya akan disertakan secara gratis dalam tarif “paling populer” perusahaan.

READ  Berita akuisisi berdetak, saham CENT turun 3,50%
Written By
More from Hulwi Zafar
Perusahaan mengkritik jalan isolasi China
ASekilas, semuanya baik-baik saja di China, Kamar Dagang Eropa di China mempresentasikan...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.