Terlepas dari kritik: parlemen Polandia menyetujui undang-undang media

Status: 17.12.2021 19:29

Parlemen Polandia telah mengadopsi undang-undang yang secara resmi melindungi lanskap media Polandia. Kritikus melihatnya sebagai upaya untuk membungkam stasiun pemerintah yang kritis.

Parlemen Polandia telah mengesahkan undang-undang penyiaran baru yang kontroversial. Pemerintah percaya bahwa peraturan baru bertujuan untuk melindungi lanskap media Polandia dari aktor yang bermusuhan. Namun, para kritikus melihatnya sebagai upaya untuk membungkam saluran berita AS TVN24, yang mengkritik pemerintah.

Undang-undang tersebut akan melarang perusahaan di luar Eropa untuk memiliki lebih dari 49% perusahaan media Polandia. Ini akan memaksa perusahaan induk TVN24 “Discovery” untuk menjual sebagian besar sahamnya di stasiun tersebut.

Senat melawan hukum

Senat yang didominasi oposisi, kamar kedua parlemen, memberikan suara menentang undang-undang tersebut pada bulan September. Namun, mayoritas anggota Sejm, majelis pertama Parlemen, membatalkan pemungutan suara ini.

Keputusan sekarang dengan Presiden Duda

Keputusan tentang undang-undang tersebut sekarang berada di tangan Presiden Andrzej Duda. Ini menunjukkan bahwa dia bisa menghentikan hukum dengan memveto. Undang-undang tersebut menetapkan bahwa di masa depan, izin penyiaran di Polandia hanya dapat diberikan kepada orang asing jika mereka “memiliki tempat duduk atau tempat tinggal di Wilayah Ekonomi Eropa”. Selain itu, berlaku ketentuan bahwa operator tidak boleh bergantung pada orang yang duduk atau bertempat tinggal di luar zona ekonomi ini.

Amerika Serikat kecewa dengan keputusan parlemen

Amerika Serikat bereaksi kecewa dengan pengesahan undang-undang tersebut. Kuasa Usaha Kedutaan Besar AS Warsawa Bix Aliu menulis di Twitter: “Kami mengharapkan Presiden Duda untuk bertindak berdasarkan pernyataan sebelumnya dan menggunakan peran kepemimpinannya untuk melindungi kebebasan berekspresi dan kewirausahaan.”

READ  Aturan dan batasan yang jelas untuk imigrasi

Perusahaan induk TVN24 “Discovery” juga mengecam keras keputusan tersebut. “Hasil pemungutan suara yang mengejutkan hari ini di parlemen Polandia seharusnya membuat khawatir semua perusahaan yang berinvestasi di Polandia dan semua orang yang peduli dengan demokrasi dan kebebasan pers.” Dengan melakukan itu, Parlemen merusak “nilai-nilai yang dikaitkan Polandia dengan Eropa”.

TVN24 berbicara dalam sebuah pernyataan tentang serangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap media bebas. Tindakan parlemen ditujukan terhadap sekutu terbesar dan terpenting Polandia, Amerika Serikat.

Written By
More from Lukman Haq
Mayoritas di parlemen untuk pemerintahan baru Israel
EMayoritas kecil anggota parlemen Israel memilih pemerintah baru pada hari Minggu. Setelah...
Read More
Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *